Nofasari, Ista (2012) Penerapan pembelajaran model pelatihan inkuiri (inquiry training model) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-6 SMA Negeri 8 Malang / Ista Nofasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran Inquiry Training Mode Peningkatan Kemampuan Bertanya Peningkatan Prestasi Belajar Fisika Siswa Siswa SMAN 8 Malang sering mengalami kesulitan dalam mengajukan pertanyaan tetutup (konvergen). Guru juga belum pernah menggunakan variasi metode pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pembelajaran yang dilakukan selama ini berpusat pada guru dan apa yang diajarkan bersifat prosedural tanpa upaya membangkitkan kemauan siswa untuk bertanya selama pembelajaran. Penelitian ini mendeskripsikan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran fisika dengan menggunakan Inquiry Training Model untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-6 SMAN 8 Malang pada materi Suhu dan Kalor. Proses pelaksanaan pembelajaran di awali 1) Konfirmasi dengan masalah 2) Pengumpulan dan verivikasi data 3) Pengumpulan data eksperimen 4) Mengorganisasi dan merumuskan penjelasan 5) Menganalisis proses inkuiri kemudian diakhiri tes prestasi belajar fisika. Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I persentase banyaknya pertanyaan terbuka yang muncul adalah 50% siklus II 18 75%. Pertanyaan tertutup pada siklus I 50% pada siklus II 81 25%. Prestasi belajar fisika siswa juga mengalami peningkatan nilai rata-rata tes yang sebelum tindakan adalah 69 8 setelah diadakan siklus I dan II berturut-turut 76 6 dan 79 2. Peningkatan banyaknya pertanyaan tertutup yang muncul hal ini berarti siswa sudah terbiasa berpikir konvergen atau menarik kesimpulan yang logis dari informasi yang diberikan. Siswa sudah mengalami proses penemuan kembali konsep-konsep materi yang dipelajari melalui pembelajaran Inquiry Training Model. Siswa tidak lagi mendapat transfer ilmu namun menemukan sendiri pengetahuannya. Kualitas keterlaksanaan pembelajaran Inquiry Training Model Inquiry pada siklus I masuk dalam kategori baik dengan prosentase 71 15% dan untuk pembelajaran Inquiry Training Model siklus II masuk dalam kategori sangat baik dengan prosentase 92 78% sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Inquiry Training Model dalam penelitian ini berhasil.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18359 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |