Mutoharoh, Fina (2012) Pengembangan paket IPA terpadu tema energi berbasis kemampuan berfikir kritis untuk siswa SMP/MTs kelas VIII / Fina Mutoharoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci paket IPA terpadu kemampuan berpikir kritis tema energi. Pembelajaran IPA Terpadu mencoba memadukan beberapa pokok bahasan dengan menggunakan tema yang relevan dan masih dalam ruang lingkup kajian IPA. Bahan ajar memiliki peranan penting dalam pembelajaran terpadu. Pembelajaran IPA Terpadu diharapkan dapat memungkinkan siswa menemukan konsep serta prinsip secara menyeluruh (holistik) bermakna dan otentik serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu dilakukan penelitian dan pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan paket IPA Terpadu tema energi berbasis kemampuan berpikir kritis untuk siswa SMP/MTs kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain penelitian yang memodifikasi dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall yaitu (1) studi pendahuluan yang terdiri dari kajian kurikulum dan survei lapangan (2) perencanaan yang terdiri dari kajian kompetensi dasar yang akan dipadukan pemilihan/penetapan tema pemersatu pembuatan matrik/bagan hubungan Kompetensi Dasar dengan tema pemersatu dan pengembangan isi materi pelajaran (3) pengembangan draft produk (4) uji kelayakan dan (5) revisi draft produk akhir. Penelitian ini menggunakan uji kelayakan (validasi) isi oleh 1 orang dosen Biologi 1 orang dosen Fisika dan 2 orang guru IPA. Sedangkan uji coba terbatas dilakukan oleh 6 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dengan disertai rubrik. Jenis data penelitian terdiri dari data kuantitatif berupa penilaian dari validator dan data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator. Produk akhir penelitian ini adalah paket IPA Terpadu berbasis kemampuan berpikir kritis tema energi yang terdiri dari bahan ajar IPA Terpadu dan panduan guru dalam mengajar IPA Terpadu. Secara keseluruhan produk akhir yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria layak. Berdasarkan analisis data kualitatif dari validator terdapat beberapa bagian produk yang harus direvisi. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan pengembangan paket IPA Terpadu tema energi berbasis kemampuan berpikir kritis untuk siswa SMP/MTs kelas VIII.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |