Pengembahangan bahan ajar fisika berbasis masalah pokok bahasan gerakan untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP) kelas VII / Muh Nur Rohim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembahangan bahan ajar fisika berbasis masalah pokok bahasan gerakan untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP) kelas VII / Muh Nur Rohim

Rohim, Muh Nur (2012) Pengembahangan bahan ajar fisika berbasis masalah pokok bahasan gerakan untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP) kelas VII / Muh Nur Rohim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci bahan ajar problem based learning gerak. Pembelajaran fisika seyogyanya dilakukan dengan proses yang menarik dan menyenangkan mengingat pembelajaran fisika merupakan kegiatan yang mempelajari ilmu pengetahuan tentang gejala alam di sekitar siswa. Umumnya bahan ajar yang sudah ada di pasaran tidak memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih memahami konsep fisika secara baik akan tetapi mendorong siswa untuk menghafal suatu konsep fisika. Model pembelajaran Problem Based Learning diharapkan siswa mendapatkan lebih banyak kecakapan dari pada pengetahuan yang dihafal. Mulai dari kecakapan memecahkan masalah kecakapan berpikirkritis kecakapan bekerja dalam kelompok kecakapan interpersonal dan komunikasi serta kecakapan pencarian dan pengolahan informasi Bahan ajar yang baik disusun dengan bahasa yang mudah dimengerti dan menarik sehingga dengan bahan ajar yang baik akan mempermudah siswa dalam memahami konsep-konsep fisika. Berdasarkan uraian tersebut maka dikembangkan bahan ajar berorientasi Problem Based Learning pada materi gerak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berorientasi Problem Based Learning pada materi gerak untuk SMP kelas VII agar mempermudah siswa dalam mempelajari konsep gerak. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan produk dan mengetahui karakteristik produk yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan langkah-langkah meliputi tahap penelitian dan pengumpulan data perencanaan uji coba lapangan awal dan revisi produk akhir. Penelitian ini menggunakan teknik validasi isi yang dilakukan oleh validator yang berasal dari pihak dua dosen dan dua guru sebagai ahli serta dilakukan uji coba awal terhadap sepuluh siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang disertai rubrik. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator berdasarkan Skala Likert dan data kualitatif berdasarkan komentar dan saran dari validator. Produk akhir penelitian ini adalah bahan ajar berorientasi Problem based learning pada materi gerak. Berdasarkan hasil analisis data produk akhir yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria layak dan sudah direvisi pada beberapa bagian berdasarkan komentar dan saran dari validator. Produk akhir yang dihasilkan memiliki karakteristik yang berbeda dari bahan ajar yang lain diantaranya setiap awal materi diawali pertanyaan-pertanyaan sederhana terdapat banyak soal diskusi untuk memantapkan konsep pembahasannya sederhana dan mudah dimengerti siswa serta desain isi lebih menarik dan full colour.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18357

Actions (login required)

View Item View Item