Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) disertai mind mapping untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI-SSI SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2011/2012 / Galuh Edytiantika - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) disertai mind mapping untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI-SSI SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2011/2012 / Galuh Edytiantika

Edytiantika, Galuh (2012) Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) disertai mind mapping untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI-SSI SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2011/2012 / Galuh Edytiantika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran berbasis masalah Mind Mapping Keterampilan berpikir kritis Hasil Belajar Kognitif Hasil observasi awal yang telah dilakukan peneliti di SMA Laboratorium UM khususnya kelas XI-SSI menunjukkan bahwa keterampilan berfikir kritis di kelas tersebut masih rendah hal ini bisa diketahui dari kesulitan yang dialami siswa untuk menuliskan dugaan awal pemecahan masalah serta menganalisis data untuk memperoleh jawaban saat diskusi berlangsung karena kedua hal tersebut merupakan indikator dalam keterampilan berfikir kritis. Hal tersebut berdampak pula pada hasil belajar kognitif siswa ketika UTS rata-rata nilai siswa hanya 60 padahal KKM yang ditetapkan adalah 78. Sehingga seluruh siswa dalam kelas tersebut mengikuti remedial. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar kognitif serta keterampilan berfikir kritis siswa. Model Pembelajaran yang ditawarkan adalah pembelajaran berbasis masalah di mana siswa diberikan masalah untuk dipecahkan atau dicari jawabannya sehingga siswa terbiasa berfikir menyelesaikan masalah. Namun diperlukan juga cara mencatat hasil rekaman informasi selama pembelajaran agar siswa dapat menggunakannya sebagai catatan belajar. Mind mapping dapat digunakan sebagai metode mencatat yang efektif dan menarik berisi informasi lengkap seputar materi dilengkapi warna dan gambar. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dengan 6 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-SSI SMA Laboratorium UM dengan jumlah 24 siswa. Instrumen penelitian berupa RPP LKS lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran berbasis masalah tes keterampilan berpikir kritis catatan lapangan tes evaluasi akhir. Teknik analisis data yaitu reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah disertai mind mapping dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata rata persentase keterampilan berpikir kritis 52.4 % pada siklus satu dan 72 % pada siklus II. Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 21 % meningkat pada siklus II menjadi 79 %.Keterlaksanaan pembelajaran berbasis masalah 69 % pada siklus I dan 84 % pada siklus II. Kesimpulannya bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah disertai mind mapping dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI-SSI SMA Laboratorium UM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18353

Actions (login required)

View Item View Item