Santi, Ide Hardiana (2012) Penerapan pembelajaran inkuiri deduktif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep materi listrik dinamis siswa kelas X-5 SMAN 6 Malang / Ide Hardiana Santi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Inkuiri deduktif keterampilan proses sains pemahaman konsep. Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan di SMA Negeri 6 Malang diketahui bahwa pembelajaran fisika yang diterapkan masih bersifat konvensional dan tidak pernah melaksanakan kegiatan praktikum. Siswa masih sepenuhnya bergantung kepada guru sehingga keterampilan proses dan pemahaman konsep siswa kurang maksimal. Hal tersebut dapat disebabkan karena model pembelajaran yang kurang tepat sehingga perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep siswa di SMA Negeri 6 Malang. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa di kelas X-5 SMA Negeri 6 Malang adalah melalui penerapan pembelajaran inkuiri deduktif. Pembelajaran inkuiri deduktif memiliki empat tahapan yaitu pengajuan masalah penstrukturan masalah pengajuan hipotesis dan eksperimen. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan (2) tahap tindakan (3) tahap observasi dan (4) tahap refleksi. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kualitatif yaitu dengan menelaah seluruh data mereduksi data membuat kategorisasi menafsirkan data dan memberian pemaknaan hasil. Berdasarkan temuan penelitian dapat diketahui bahwa keterampilan proses siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan. Rata-rata keterampilan proses sains siswa pada siklus I adalah 65 97% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 89%. Rata-rata pemahaman konsep siswa untuk materi listrik dinamis pada siklus I adalah 72 22%. dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91 67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri dedukti dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa pada materi listrik dinamis di kelas X-5 SMA Negeri 6 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |