Fatmawati, Ida Nur (2012) Peningkatan kemampuan kerja ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan model pembelajaran React di kelas X-4 SMAN I Kepanjen pada materi kalor / Ida Nur Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci model pembelajaran REACT kemampuan kerja ilmiah hasil belajar kognitif. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa siswa kelas X-4 SMAN 1 Kepanjen pada saat melakukan praktikum masih bingung karena belum bisa mengoperasikan alat-alat praktikum. Selain itu siswa belum bisa mengumpulkan data secara lengkap melalui praktikum yang dilakukan. Akibatnya mereka juga masih bingung saat menyusun dan melaporkan hasil praktikum kelompok. Hal ini menunjukan kemampuan kerja ilmiah siswa masih rendah. Sebanyak 17 siswa dari 30 siswa dalam satu kelas yang mengikuti ulangan harus mengikuti remidi karena nilainya belum memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah karena keterbatasan alat-alat praktikum. Sehingga kegiatan pembelajaran lebih cenderung berpusat kepada guru. Upaya mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan hasil belajar kogitif siswa. Model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran REACT (Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2012. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan tujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan hasil belajar kognitif Fisika siswa yang diperoleh dari kegiatan Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 SMAN I Kepanjen yang terdiri dari 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran REACT yang dilakukan dalam mata pelajaran Fisika siswa kelas X-4 di SMAN I Kepanjen dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan hasil belajar kognitif Fisika siswa. Kemampuan kerja ilmiah siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 23.0 %. Hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 23.1 %. Nilai rata-rata siswa juga mengalami pengingkatan dari siklus I 77.0 dan siklus II 88.4. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan kemampuan kerja ilmiah dan hasil belajar kognitif Fisika siswa mengalami peningkatan melalui penerapan model pembelajaran REACT.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |