Authentic Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar Fisika siswa kelas X-8 SMA Negeri 7 Malang pokok bahasan optika geometris / Tutut Rozichin Hadi Pusoko <BR> - Repositori Universitas Negeri Malang

Authentic Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar Fisika siswa kelas X-8 SMA Negeri 7 Malang pokok bahasan optika geometris / Tutut Rozichin Hadi Pusoko <BR>

Pusoko, Tutut Rozichin Hadi (2012) Authentic Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar Fisika siswa kelas X-8 SMA Negeri 7 Malang pokok bahasan optika geometris / Tutut Rozichin Hadi Pusoko <BR>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci authentic problem based learning hasil belajar Authentic Problem Based Learning merupakan pembelajaran authentic yang menggunakan langkah-langkah dalam model Problem based Learning. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Fisika siswa kelas X-8 SMA Negeri 7 Malang pokok bahasan optika geometris. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas menggunakan prosedur penelitan Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dua siklus dan tiap siklus empat kali tatap muka. Data penelitian berupa informasi berkenaan dengan keterlaksanaan pembelajaran dan hasil belajar. Data tersebut diperoleh berdasarkan observasi dan tes menggunakan lembar observasi dan soal tes. Hasil belajar aspek kognitif diperoleh dengan membandingkan jumlah siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM (kriteria ketuntasan minimal) dengan jumlah total siswa. Hasil belajar aspek afektif dan psikomotor diperoleh dengan membandingkan jumlah nilai yang diperoleh siswa dilapangan dengan nilai ideal yang diperoleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa kelas X-8 SMA Negeri 7 Malang. Keterlaksanaan pembelajaran meningkat dari 81 3% pada siklus I menjadi 92 3% pada siklus II. Hasil belajar aspek kognitif meningkat dari 59 0% pada siklus I menjadi 71 8% pada siklus II. Hasil belajar aspek afektif meningkat dari 62 3% pada siklus I menjadi 72 2% pada siklus II. Hasil belajar aspek psikomotor meningkat dari 62 5% pada siklus I menjadi 84 9% pada siklus II. Authentic Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar Fisika siswa kelas X-8 SMA Negeri 7 Malang pokok bahasan optika geometris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18350

Actions (login required)

View Item View Item