Sari, Ika Ayu Kartika (2012) Penerapan model TGT melalui metode permainan monopoli untuk meningkatkan motifasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Nganjuk tahun pelajaran 2011/2012 / Ika Ayu Kartika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci prestasi motivasi model TGT metode permainan monopoli Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru di SMA Negeri 1 Nganjuk diperoleh informasi bahwa prestasi dan motivasi belajar siswa masih di bawah standar. Persentase ketuntasan kelas berdasarkan hasil Ujian Tengah Semester adalah 41 67% (hanya 15 siswa dari 36 siswa yang memenuhi KKM yakni 75) dengan nilai rata-rata 57 61. Rendahnya motivasi belajar dapat dilihat dari siswa yang cenderung bosan dengan pembelajaran yang monoton dan kurang percaya diri jika harus mengerjakan soal di papan tulis. Dari data angket dapat diketahui bahwa hanya 14 siswa dari 36 siswa yang mempunyai tingkat motivasi baik. Berdasarkan permasalahan yang ada di kelas X-2 perlu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar melalui metode permainan monopoli pada model TGT. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Nganjuk dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 21 siswa perempuan dan 15 siswa lakilaki. Sub pokok bahasan yang digunakan pada siklus I adalah suhu dan pengaruh kalor terhadap suatu zat sedangkan untuk siklus II adalah perpindahan kalor dan asas Black. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tindakan dan instrumen pengukuran. Instrumen tindakan terdiri dari RPP LKS lembar keterlaksanaan papan permainan monopoli kartu soal kartu kesempatan kartu kajian umum kartu materi dan kartu poin. Instrumen pengukuran terdiri dari lembar penilaian prestasi belajar dan lembar penilaian tingkat motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Pada akhir siklus telah diperoleh hasil bahwa 97 22% siswa (35 siswa dari 36 siswa) memiliki motivasi belajar fisika dengan kategori baik. Peningkatan motivasi ini berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa dari kondisi awal sebelum diberi perlakuan sampai pada siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata nilai fisika siswa adalah 76 22 dengan persentase ketuntasan 72 22% (dilihat dari kondisi awal persentase ketuntasan naik 30 55% dan nilai rata-rata naik 18 61). Pada siklus II rata-rata nilai fisika siswa adalah 83 00 dengan persentase ketuntasan 91 67% (dari siklus I mengalami kenaikan persentase 19 54% dengan nilai rata-rata 6 78). Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa motivasi dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan melalui penerapan model TGT dengan metode permainan monopoli.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18349 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |