Pratiwi, Rian (2012) Penerapan model perkuliahan terpadu untuk pengembangan karakter dan peningkatan hasil belajar kognitif mahasiswa kelas A/C pada matakuliah fisika matematika II. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci perkuliahan terpadu pengembangan karakter hasil belajar. Banyaknya permasalahan yang ditimbulkan oleh mahasiswa baik tawuran antar mahasiswa mahasiswa dengan aparat dan keikutsertaan mahasiswa dalam organisasi radikal menunjukkan mulai lunturnya karakter mulia dalam diri mahasiswa. Dalam skala mikro misalnya di Jurusan Fisika FMIPA UM nilai-nilai tertentu juga mulai berkurang. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya mahasiswa yang datang terlambat sikap mahasiswa yang pasif dan minimnya jumlah mahasiswa yang bertanya. Selain itu pencapaian hasil belajar kognitif masih berkisar antara 40-50 yang masih termasuk dalam kategori tidak lulus. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan karakter dan meningkatkan pencapaian hasil belajar kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Subyek penelitian adalah mahasiswa peserta perkuliahan Fisika Matematika II offering C-A Semester Genap 2010/2011. Data penelitian ini adalah proses pelaksanaan perkuliahan terpadu kemunculan indikator karakter mahasiswa yang berupa tanggung jawab inisiatif dan menghargai serta hasil belajar Fisika Matematika II. Pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan hasil ujian angket dan rekaman video. Penelitian ini menunjukkan bahwa sistem perangkat dan metode perkuliahan terpadu Fisika Matematika II dapat dilaksanakan dengan tingkat keterlaksanaan 82% pada siklus I dan 94 6% pada siklus II sedangkan pengembangan karakter tanggungjawab meningkat dari 91 6% menjadi 95 8% dari total jumlah mahasiswa dari siklus I ke siklus II. Hal ini ditandai dengan berkurangnya jumlah mahasiswa yang terlambat datang dan peningkatan jumlah mahasiswa yang membawa handout. Pengembangan karakter inisiatif meningkat sebesar 2 8% yang ditandai dengan meningkatnya jumlah mahasiswa yang bertanya maupun mengemukakan ide/pendapat pada perkuliahan. Sedangkan karakter menghargai berkembang dengan baik mulai dari siklus I yakni 94 4% menjadi 97 2% pada siklus II. Hampir semua mahasiswa memperhatikan pihak lain yang sedang presentasi dan tidak memainkan hp/benda lain ketika perkuliahan berlangsung. Selain itu pencapaian hasil belajar kognitif pada matakuliah Fisika Matematika II juga mengalami peningkatan yakni sebesar 14 6 dari hasil belajar 40 6 pada siklus I menjadi 55 2 pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |