Pengembangan bahan ajar fisika pokok bahasan listrik dinamis untuk siswa SMA kelas X semester II berbasisi sains teknologi masyarakat / Vitri Angriantika Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika pokok bahasan listrik dinamis untuk siswa SMA kelas X semester II berbasisi sains teknologi masyarakat / Vitri Angriantika Wulandari

Wulandari, Vitri Angriantika (2012) Pengembangan bahan ajar fisika pokok bahasan listrik dinamis untuk siswa SMA kelas X semester II berbasisi sains teknologi masyarakat / Vitri Angriantika Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan bahan ajar listrik dinamis sains teknologi masyarakat (STM). Bahan ajar berbasis Sains Teknologi Masyarakat mengambil suatu permasalahan atau isu-isu yang sedang beredar dan relevan dari lingkungan sekitar siswa. Isu-isu tersebut ditinjau berdasarkan sains dan teknologi yang ada di masyarakat. Pokok bahasan listrik dinamis dalam kompetensi dasar menurut KTSP ditekankan pada pemahaman dan penerapan. Bahan ajar yang beredar di SMA saat ini belum menerapkan model tertentu yang sesuai dengan karakteristik konsep yang diajarkan. Pengembangan bahan ajar berbasis sains teknologi masyarakat dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan dalam mengajarkan listrik dinamis. Bahan ajar yang dikembangkan terdiri atas bahan ajar untuk siswa dan bahan ajar untuk guru. Bahan ajar berbasis Sains Teknologi Masyarakat bercirikan khusus yaitu bagian sains terdiri atas fakta konsep teori prinsip hukum dan keterampilan proses. Bagian teknologi berisi tentang perkembangan teknologi kegunaan teknologi dan cara kerja teknologi yang sejalan dengan sains dan masyarakat. Bagian masyarakat berisi tentang kegunaan fakta konsep teori prinsip dan hukum pada masyarakat. Penelitian dan pengembangan bahan ajar ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan prosedur pengembangan dan memperoleh serta mendeskripsikan kelayakan bahan ajar Listrik Dinamis untuk siswa SMA kelas X semester II berbasis sains teknologi masyarakat. Penelitian dan pengembangan bahan ajar ini mengadaptasi model pengembangan Research and Development (R D) dikemukakan oleh Borg dan Gall. Penelitian dan pengembangan bahan ajar ini divalidasi isi oleh tiga dosen Fisika UM dan direvisi sesuai saran validator kemudian diujicobakan satu subpokok bahasan yaitu mengenai alat ukur listrik dan besarannya di tiga sekolah yaitu SMAN 1 Kraksaan SMAN 1 Paiton dan SMAN 1 Gending. Uji kelayakan dilakukan oleh tiga guru fisika dari sekolah tersebut. Uji keterbacaan dilakukan oleh 83 siswa kelas X SMA yaitu 30 Siswa SMAN 1 Kraksaan 18 Siswa SMAN 1 Paiton dan 35 Siswa SMAN 1 Gending. Hasil validasi isi bahan ajar untuk siswa dan untuk guru sudah menunjukkan bahan ajar berbasis sains teknologi masyarakat sebesar 95 72% dan 96 29% pada kriteria penilaian valid. Hasil uji kelayakan bahan ajar untuk siswa dinilai sangat layak dengan rata-rata kelayakan isi kebahasaan dan penyajian secara berturut-turut sebesar 3 40 3 81 dan 3 48. Bahan ajar untuk guru dinilai sangat layak dengan kelayakan isi sebesar 3 84 kelayakan kebahasaan sebesar 3 67 dan kelayakan penyajian sebesar 3 81. Hasil uji keterbacaan siswa adalah sangat layak dengan nilai rata-rata 3 42. Bahan ajar Listrik Dinamis berbasis Sains Teknologi Masyarakat perlu uji coba menyeluruh dan penyempurnaan sampai tahap desimilasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18345

Actions (login required)

View Item View Item