Rahayu, Fenny Dwi (2012) Pengembangan media animasi kartun dengan adobe flash CS4 profesional pada materi hukum Newton tentang gerak / Fenny Dwi Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengembangan media animasi kartun adobe flash cs4 profesional hukum Newton Guru sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran mempunyaipengaruh yang besar. Dalam proses pembelajaranterjadiinteraksiantara guru danmurid dalam proses inihampirsetiap guru pernahmenemukansuasanakelas yang tidaknyaman hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi misalnya model ceramah sehingga siswa merasa jenuh dan bosan dalam proses pembelajaran. Siswa menampakkan sikap kurang bergairah kurang bersemangat dan kurang siap menerima pelajaran atau motivasi dan minat belajar mereka rendah sehingga berdampak pada nilai dan prestasi siswa yang kurang memuaskan. Fisika sebagai salah satu cabang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan satu kesatuan utuh yang terdiri dari materi-materi yang saling berkaitan. Mengingatfisikamerupakankonsep-konsep yang relatifabstrak makaanimasiterhadapkonsep yang abstrakakandapatmembantumemudahkanpenyerapanfisikaolehpengguna sehinggaanimasi yang dapatmenunjukkangejalafisisperludiutamakantanpamengabaikan proses lainnya. Media pembelajaranberupaanimasikartunadalahsalahsatupemecahandarimasalahkurangnyamotivasi keaktifandanperhatiansiswaterhadapmateripelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa untuk materi hukum Newton. Pengembangan media animasi kartun ini menggunakan model Thiagarajan (4-D Models) terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu Define (Pendefinisian) Design (perancangan) Developing (pengembangan) danDisseminating (penyebaran). Pengujian validitas media ini menggunakan angket. Pengujian validitas meliputi validasi media validasi materi dan uji terbatas. Validator pada validasi media adalah dua dosen Fisika UM dansatu paraktisi multimedia. Validator pada validasi materi adalah satu dosen fisika UM satu guru SMAN 7 Malang dan satu guru MA Darussalam Agung Malang. Uji terbatas dilakukan pada 25 siswa kelas X SMAN 7 Malang. Setelah melalui tahap validasi media ini direvisi berdasarkan masukan-masukan yang diberikan oleh para validator. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran pada materi hukum Newton untuk kelas Xdalam bentuk compact disc. Media ini dikembangkan untuk membantu guru dalam mengajar dikelas serta sarana belajar mandiri bagi siswa. Validasi hasil pengembangan media oleh validator ahli materimenunjukkan persentase rata-rata kelayakan media sebesar 92 85 % dan validasi hasil pengembangan media oleh validator ahli media menunjukkan persentase rata-rata kelayakan sebesar 92 82 % sedangkan hasil validasi terhadap kelompok kecil (uji terbatas) menunjukkan persentase rata-rata kelayakan media pembelajaran sebesar 90 33 %. Ketigahasil validasi tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran ini layak untuk dipergunakan namun keefektifanya perlu di teliti lebih lanjutmelalui kegiatan pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Apr 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18344 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |