Pengembangan bahan ajar analisis gravimetri terintegrasi android berbasis project based learning untuk kompetensi keahlian kimia analisis SMK/ Muchammad Musleh Kadafi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar analisis gravimetri terintegrasi android berbasis project based learning untuk kompetensi keahlian kimia analisis SMK/ Muchammad Musleh Kadafi

Kadafi, Muchammad Musleh (2020) Pengembangan bahan ajar analisis gravimetri terintegrasi android berbasis project based learning untuk kompetensi keahlian kimia analisis SMK/ Muchammad Musleh Kadafi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum nasional yang menjadi acuan pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Kurikulum 2013 menuntut kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa dengan menggunakan metode dan model pembelajaran yang disarankan salah satunya adalah model pembelajaran berbasis proyek yang secara langsung melibatkan siswa untuk menyelesaikan suatu proyek pembelajaran. Analisis gravimetri menjadi salah satu cakupan materi ilmu kimia yang memiliki karakteristik materi yang abstrak. Penggunaan bahan ajar berbantuan Project based learning menjadi salah satu alternatif penyampaian materi ajar yang dapat membantu siswa dalam mempelajari analisis gravimetri dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar analisis gravimetri dan mengetahui uji validitas bahan ajar analisis gravimetri. Pengembangan bahan ajar dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Hasil pengembangan bahan ajar berupa aplikasi berekstensi Apk yang dapat di jalankan pada smartphone android. Uji validasi bahan ajar menghasilkan persentase penilaian yang mencakup aspek konten bahan ajar sebesar 84 3% (sangat layak) aspek media sebesar 83 9% (sangat layak) aspek konstruk bahan ajar sebesar 81 7% (sangat layak) aspek bahasa yang digunakan sebesar 79 2% (layak) dan aspek kesesuaian dengan PjBL sebesar 80 9% (sangat layak). Dari ke-lima aspek penilaian uji validasi bahan ajar bahwa bahan ajar analisis gravimetri yang dikembangkan sangat layak digunakan dengan persentase total 82 87%. Sedangkan uji keterbacaan mendapatkan persentase sebesar 87 3% yang dikategorikan sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/183430

Actions (login required)

View Item View Item