Analisis hubungan pemahaman konsep, Representasi Kimia dan Kompetensi Representasi pada materi asam-basa - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis hubungan pemahaman konsep, Representasi Kimia dan Kompetensi Representasi pada materi asam-basa

Octavia, Icha Mala (2021) Analisis hubungan pemahaman konsep, Representasi Kimia dan Kompetensi Representasi pada materi asam-basa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsep larutan asam-basa sangat membutuhkan representasi dan kemampuan dalam menggunakan menghubungkan menerjemahkan antar representasi dalam memahami konsepnya yang disebut dengan kompetensi representasi. Tujuan dari penelitian ini yakni menganalisis hubungan pemahaman konsep representasi kimia dan kompetensi representasi pada materi asam-basa dengan menggunakan Instrumen Tes Pemahaman Konsep Asam-Basa (ITPKAB) Instrumen Tes Representasi Asam-Basa (ITRAB) dan Instrumen Tes Kompetensi Representasi Asam-Basa (ITKRAB). Penelitian dilakukan di kelas XI IPA MAN 1 Banyuwangi dengan menggunakan metode penelitian korelasional dan statistik deskriptif kuantitatif yang berupa korelasi product moment korelasi multivariant dan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa hanya memahami konsep secara konten bahkan tidak memahami aspek-aspek kompetensi representasi pada materi larutan asam-basa. Hasil analisis hubungan antara pemahaman konsep dan representasi kimia terdapat hubungan dengan koefisien korelasi 0 796 yang berarti hubungannya kuat dan hubungan antara representasi kimia dengan kompetensi representasi terdapat hubungan yang sangat kuat dengan koefisien korelasi 0 851. Adapun hubungan antara pemahaman konsep dan representasi kimia asam-basa terhadap kompetensi representasinya memiliki hubungan serta berpengaruh secara simultan terhadap kompetensi representasinya serta mampu menjelaskan kompetensi representasi sebesar 82 4%. Oleh karena itu siswa yang memiliki tingkat pemahaman kompetensi representasi dan representasi yang tinggi menunjukkan bahwa siswa telah mampu memahami konsep yang ada. Siswa juga seharusnya memiliki pemahaman konsep representasi kimia dan kompetensi representasi yang berimbang agar siswa tidak akan mengalami kesulitan dalam mempelajari dan memahami konsep kimia secara utuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 02:29
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/183429

Actions (login required)

View Item View Item