Pengembangan novel Edukatif sebagai sumber belajar mandiri siswa SMA/MA pada materi unsur Radioaktif / Widya Kartika Aditya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan novel Edukatif sebagai sumber belajar mandiri siswa SMA/MA pada materi unsur Radioaktif / Widya Kartika Aditya

Aditya, Widya Kartika (2021) Pengembangan novel Edukatif sebagai sumber belajar mandiri siswa SMA/MA pada materi unsur Radioaktif / Widya Kartika Aditya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam upaya memenuhi pendidikan yang bermutu perlu adanya pengembangan sumber belajar yang relevan untuk mewujudkan efektivitas pembelajaran tanpa mengekang peserta didik harus belajar di kelas. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan novel kimia materi unsur radioaktif berdasarkan standar isi sebagai sumber belajar mandiri siswa SMA/ MA yang valid dan layak. Model pengembangan yang digunakan pada proses penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan langkah-langkah analisis (analysis) perancangan (design) pengembangan (development) implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Pada tahap implementasi dilakukan uji validasi novel kimia oleh 1 dosen kimia dan 2 pendidik kimia SMA/MA sebagai ahli kimia dan ahli media. Selain itu dilakukan uji coba terbatas terhadap 31 orang peserta didik SMA sebagai pengguna untuk mengetahui keterbacaan novel. Instrumen validasi berupa angket yang berisi aspek dan kriteria penilaian. Validasi ahli media dan ahli materi meliputi 7 aspek penilaian dengan 37 indikator penilaian dan respon dari peserta didik meliputi 3 aspek penilaian dengan 12 indikator kriteria penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi materi sebesar 87% hasil validasi media 85 4% dan hasil uji coba keterbacaan sebesar 87 3%. Produk penelitian yang diperoleh berupa novel kimia unsur radioaktif berdasarkan standar isi sebagai sumber belajar mandiri siswa SMA/MA. Novel kimia unsur radioaktif dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar yang dapat mempermudah siswa mempelajari kimia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/183424

Actions (login required)

View Item View Item