Pengaruh strategi pembelajaran metakognitif PDCA berbasis Triangulasi terhadap literasi kimia dan prestasi belajar siswa SMA pada materi larutan Elektrolit dan Nonelektrolit / Zelen Surya Minata - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran metakognitif PDCA berbasis Triangulasi terhadap literasi kimia dan prestasi belajar siswa SMA pada materi larutan Elektrolit dan Nonelektrolit / Zelen Surya Minata

Minata, Zelen Surya (2021) Pengaruh strategi pembelajaran metakognitif PDCA berbasis Triangulasi terhadap literasi kimia dan prestasi belajar siswa SMA pada materi larutan Elektrolit dan Nonelektrolit / Zelen Surya Minata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Larutan elektrolit dan nonelektrolit adalah salah satu materi dalam ilmu kimia yang memuat tiga representasi yaitu makroskopik submikroskopik dan simbolik. Penerapan strategi pembelajaran metakognitif PDCA (SM-PDCA) memiliki potensi dalam meningkatkan kemampuan penjelasan ilmiah yang merupakan salah satu aspek kompetensi dalam penilaian literasi kimia. Aspek tersebut dapat dengan mudah dicapai dengan menggunakan metode triangulasi melalui menghubungkan tiga jenis representasi kimia mengenai fenomena sains. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui (1) keterlaksanaan proses pembelajaran kelas SM-PDCA berbasis triangulasi dan kelas ekspositori (2) pengaruh SM-PDCA berbasis triangulasi terhadap literasi kimia (3) pengaruh SM-PDCA berbasis triangulasi terhadap prestasi belajar dan (4) hubungan antara variabel literasi kimia dan prestasi belajar. Metode dalam penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan menggunakan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Mipa SMA Darut Taqwa Purwosari tahun pelajaran 2020/2021. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling yang diperoleh kelas X Mipa 1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan strategi pembelajaran metakogntif PDCA berbasis triangulasi sedangkan kelas X Mipa 2 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan (1) keterlaksanaan pembelajaran pada kelas SM-PDCA berbasis triangulasi dan kelas ekspositori berturut-turut sebesar 94 65% dan 94 20% dengan kategori sangat baik (2) SM-PDCA berbasis triangulasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan literasi kimia yang ditunjukkan dengan nilai N-gain dan d-effect size berturut-turut sebesar 0 54 dan 2 82 (3) SM-PDCA berbasis triangulasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai N-gain dan d-effect size berturut-turut sebesar 0 56 dan 3 14 (4) terdapat korelasi kuat (r 0 670) antara literasi kimia dan prestasi belajar pada kelas SM-PDCA berbasis triangulasi dan korelasi sedang (r 0 562) antara literasi kimia dan prestasi belajar kelas ekspositori.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/183422

Actions (login required)

View Item View Item