Fepriany, Yeni (2012) Penerapan model pembelajaran team Assisted Individualization ( TAI ) untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah siswa kelas VII-F SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung / Yeni Fepriany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Team Assisted Individualization (TAI) Prestasi Belajar Kemampuan Kerja Ilmiah. Situasi kelas terlihat tidak kondusif banyak siswa yang ramai dan mengobrol dengan temannya pada saat guru menjelaskan. Guru dalam pembelajarannya juga tidak pernah melakukan kegiatan praktikum dan hanya disajikan konsep-konsepnya saja dengan ceramah sehingga kemampuan kerja ilmiahnya sangat kurang. Siswa yang tuntas belajarnya hanya 11 dari 42 siswa atau prosentase ketuntasan hanya 26 83% sedangkan rata-rata prestasi belajar siswa hanya 69 9% . Siswa yang mendapat nilai di bawah 75 masih banyak yang merupakan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) untuk fisika yang ditetapkan sekolah. Berdasar hasil observasi di kelas VII-F SMPN 1 Sumbergempol ini menunjukkan bahwa perlu dilakukan sebuah tindakan dengan merubah model belajar fisika yang selama ini telah melekat pada guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti terlibat langsung dalam proses pelaksanaan analisis dan pelaporan hasil penelitian. Model pembelajaran yang diterapkan adalah Team Assisted Individualization (TAI) berbasis kontekstual dengan kegiatan praktikum. Tindakan yang dilakukan terdiri dari 2 siklus dengan pemilihan materi pada BAB Kalor. Proses pembelajaran dilakukan dengan cara penyampaian materi kegiatan praktikum diskusi dan tes akhir belajar untuk mengetahui prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah siswa. Hasil yang didapat dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan nilai prestasi belajar fisika dan kemampuan kerja ilmiah siswa kelas VII-F. Prestasi belajar siswa meningkat dari sebelum diberi tindakan pada siklus I sebesar 73 52% meningkat lagi pada siklus II menjadi 81 12%. Ketuntasan prestasi belajar juga meningkat tajam dari sebelum tindakan pada siklus I sebesar 60 98% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 78 05%. Kemampuan kerja ilmiah siswa juga meningkat dari siklus I yang hanya 62 4% pada siklus II menjadi 76 83%. Berdasar hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berhasil meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah siswa. Untuk peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan penelitian yang telah dilakukan ini agar sistem pembelajaran fisika di sekolah lebih bervariatif sehingga siswa tidak bosan dengan pelajaran fisika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Mar 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18342 |
Actions (login required)
View Item |