Pengaruh strategi pembelajaran metakognitif pdca terhadap kesadaran metakognitif, self-regulated learning dan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit / ABSAWATI FATIMAHTUS ZAHRO - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran metakognitif pdca terhadap kesadaran metakognitif, self-regulated learning dan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit / ABSAWATI FATIMAHTUS ZAHRO

Zahro, Absawati Fatimahtus Zahro (2021) Pengaruh strategi pembelajaran metakognitif pdca terhadap kesadaran metakognitif, self-regulated learning dan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit / ABSAWATI FATIMAHTUS ZAHRO. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak ndash Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran metakognitif PDCA terhadap kesadaran metakognitif self-regulated learning dan hasil belajar siswa serta mengetahui korelasi kesadaran metakognitif self-regulated dan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini membandingkan kesadaran metakognitif self-regulated learning dan hasil belajar siswa kelas X MIA 3 yang dibelajarkan menggunakan strategi metakognitif PDCA sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori sebagai kelas kontrol. Pretest-postes kesadaran metakognitif diketahui melalui kuisioner Metacognitive Awareness Inventory (MAI) self-regulated learning siswa diketahui melalui kuisioner Motivated Learning Strategic Questionnare (MLSQ) sedangkan hasil belajar diketahui melalui 8 soal esai tes kognitif. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan beberapa teknik diantaranya 1) uji instrumen penelitian meliputi uji validitas dan uji reliabilitas pada instrument soal tes dan angket MLSQ 2) analisis deskriptif statistik 3) uji pendahuluan yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas 4) uji kesetaraan data awal menggunakan uji Independent sample t-test (uji alternatif uji U Mann Whiteney) 5) uji hipotesis meliputi uji Independent sample t-test (uji alternatif uji U Mann Whiteney) 6) uji N-Gain score amp uji d-effect size dan (7) Uji korelasi (Korelasi Pearson). Hasil penelitian menujukkan bahwa strategi metakognitif PDCA berpengaruh terhadap kesadaran metakognitif self-regulated learning dan hasil belajar siswa serta terdapat korelasi antara kesadaran metakognitif dengan hasil belajar dan self-regulated learning dengan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:29
Last Modified: 11 Oct 2023 07:10
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/183418

Actions (login required)

View Item View Item