Penerapan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VII-G SMP Negeri 10 Malang / Galis Wintri Rolirida - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VII-G SMP Negeri 10 Malang / Galis Wintri Rolirida

Rolirida, Galis Wintri (2012) Penerapan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VII-G SMP Negeri 10 Malang / Galis Wintri Rolirida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Hasil Belajar. Berdasarkan observasi yang diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII-G masih kurang dalam menjawab soal yang diberikan oleh guru. Metode yang sering digunakan adalah metode ceramah diskusi dan praktikum jika diperlukan tidak bisa mengembangkan berpikir kritis. Kegiatan eksperimen yang berhubungan dengan alam jarang dilakukan karena guru masih takut atau khawatir. Alasannya adalah guru takut materi yang disampaikan tidak akan selesai dan waktunya tidak cukup. Hasil belajar siswa SMP Negeri 10 Malang masih kurang. Hal ini terlihat dari rata-rata Ulangan Harian I pada ranah kognitif yaitu nilai siswa pada rentang 20 sampai 86 dan masih banyak siswa (87 5%) tidak bisa mencapai kriteria ketutasan minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah. KKM yang ditetapkan SMP Negeri 10 Malang untuk mata pelajaran Fisika adalah 75. Hasil belajar yang diukur dikelas VII-G hanyalah hasil belajar pada aspek kognitif saja sedangkan aspek afektif dan psikomotorik tidak dilakukan.Penelitian bertujuan untuk menjawab pertanyaan keterlaksanaan penerapan pendekatan pembelajaran Inkuiri dan Peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas VII-G SMPN 10 Malang Subyek penelitian adalah siswa kelas VII-G SMPN 10 Malang pada tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 40 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan untuk hasil belajar aspek afektif menggunakan angka 1-3 dan aspek psikomotorik menggunakan angka 1-3 dan keterlaksanaan model inkuiri Terbimbing menggunakan persentase. Untuk hasil belajar aspek kognitif digunakan rentang 0-100 dari hasil tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing telah terlaksana dengan baik pada siklus I persentasenya 75 % dan dapat dikategorikan baik pada siklus II persentasenya 87.5 % dan dapat dikategorikan baik. Pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan Hasil belajar siswa yang terdiri dari (a) Hasil belajar aspek kognitif yang lulus KKM 35% pada siklus I dan meningkat menjadi 52.5% pada siklus II. (b) Hasil belajar aspek afektif 61.67% pada siklus I dan 66 % pada siklus II sehingga peningkatannya adalah 4.37%. (c) Hasil belajar aspek psikomotorik 68.74% pada siklus I dan 80.84% pada siklus II sehingga peningkatannya adalah 12.1%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VII-G SMPN 10 Malang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18341

Actions (login required)

View Item View Item