Pengembangan bahan ajar berbasis masalah untuk mendukung pembelajaran fisika kelas X RSBI dengan tema kinematika dan dinamika benda titik / Nanik Ika Prastiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis masalah untuk mendukung pembelajaran fisika kelas X RSBI dengan tema kinematika dan dinamika benda titik / Nanik Ika Prastiwi

Prastiwi, Nanik Ika (2012) Pengembangan bahan ajar berbasis masalah untuk mendukung pembelajaran fisika kelas X RSBI dengan tema kinematika dan dinamika benda titik / Nanik Ika Prastiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Bahan Ajar Fisika Berbasis Masalah RSBI Kinematika dan Dinamika Benda Titik. Pemerintah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk berkembang menjadi satu satuan pendidikan yang bertaraf internasional. Bahan ajar yang beredar di pasaran untuk program SBI/RSBI ternyata masih kurang sesuai untuk mendukung pembelajaran di kelas SBI/RSBI. Kebanyakan dalam bahan ajar penulis lebih banyak menyajikan permasalahan kuantitatif (angka/perhitungan) daripada permasalahan kualitatif (konsep) sehingga membuat siswa kurang memahami konsep fisika. Oleh karena itu diperlukan penelitian pengembangan bahan ajar Fisika yang sesuai dengan kriteria SMA program SBI/RSBI. Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan produk yaitu bahan ajar Fisika untuk SMA program SBI/RSBI serta mengukur kelayakan bahan ajar tersebut melalui uji validasi. Bahan ajar yang dihasilkan adalah bahan ajar Fisika untuk siswa SMA kelas X program SBI/RSBI berbasis masalah pokok bahasan Kinematika dan Dinamika Benda Titik. Selain itu keseluruhan bahasa dalam bahan ajar ini menggunakan Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development). Instrumen yang digunakan adalah angket yang diisi oleh ahli (Guru dan Dosen). Validasi oleh ahli ditujukan untuk mengukur kelayakan isi dan penyajian isi. Data kualitatif diperoleh melalui pengisian kritik dan saran baik dari ahli maupun siswa pengguna. Hasil dari analisis data kuantitatif yang diperoleh menunjukan bahwa bahan ajar yang dihasilkan termasuk dalam kategori valid sehingga tidak perlu adanya revisi yang berarti. Namun berdasarkan data kualitatif bahan ajar ini telah direvisi pada bagianbagian tertentu antara lain pembuatan petunjuk pemakaian bahan ajar sistematika penulisan dan penambahan soal analisis eksperimen. Meskipun bahan ajar ini termasuk dalam kategori valid namun bahan ajar ini belum bisa digunakan pada pembelajaran. Bahan ajar ini perlu diuji secara lebih lanjut dengan cara menerapkan bahan ajar ini dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18340

Actions (login required)

View Item View Item