Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika kelas X-efektif-2 SMA Antartika Sidoarjo / Aji Mardika Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika kelas X-efektif-2 SMA Antartika Sidoarjo / Aji Mardika Putra

Putra, Aji Mardika (2012) Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika kelas X-efektif-2 SMA Antartika Sidoarjo / Aji Mardika Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model Problem Based Learning motivasi hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas X-Efektif-2 SMA Antartika Sidoarjo diperoleh informasi bahwa metode pembelajaran yang digunakan masih didominasi metode pembelajaran klasikal. Metode praktikum belum pernah diterapkan sehingga motivasi belajar siswa meliputi perhatian lama belajar usaha irama perasaan ekstensi dan penampilan siswa rendah. Selain itu hasil belajar berupa aspek kognitif afektif dan psikomotorik rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas X-Efektif-2 SMA Antartika Sidoarjo melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) serta bertujuan untuk memperbaiki suatu keadaan pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus PTK terdiri atas perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi.Tindakan pada penelitian ini adalah model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan di kelas X-Efektif-2 SMA Antartika Sidoarjo semester genap 2010/2011. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran PBL data hasil belajar dan motivasi siswa yang diambil dari hasil observasi baik sebelum maupun selama penelitian dilakukan. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Pada siklus I nilai hasil belajar aspek kognitif dengan nilai rata-rata 68 63 dengan ketuntasan belajar 57 5% nilai aspek psikomotor dengan rata-rata 2 16 dalam rentang nilai 1-4 dan aspek afektif dengan rata-rata 2 19 dalam rentang nilai 1-4. Kemudian pada siklus II nilai hasil belajar aspek kognitif dengan nilai rata-rata 75 13 dengan ketuntasan belajar 75% nilai aspek psikomotor dengan rata-rata 3 37 dalam rentang nilai 1-4 dan aspek afektif dengan rata-rata 3 25 dalam rentang nilai 1-4. Persentase motivasi belajar pada siklus I adalah 63 65% dan pada siklus II menjadi 83 14% (naik 19 49%). Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas X-Efektif-2 SMA Antartika Sidoarjo. Disarankan bagi guru fisika hendaknya berkenan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) karena terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18339

Actions (login required)

View Item View Item