Pembelajaran berbasis inkuiri dengan metode problem solving untuk meningkatkan life skills dan prestasi belajar fisika kelas X-Efektif-1 SMA Antartika Sidoarjo / Rachma Ika Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran berbasis inkuiri dengan metode problem solving untuk meningkatkan life skills dan prestasi belajar fisika kelas X-Efektif-1 SMA Antartika Sidoarjo / Rachma Ika Wardani

Wardani, Rachma Ika (2012) Pembelajaran berbasis inkuiri dengan metode problem solving untuk meningkatkan life skills dan prestasi belajar fisika kelas X-Efektif-1 SMA Antartika Sidoarjo / Rachma Ika Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci inkuiri problem solving life skills prestasi belajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas X-Efektif-1 SMA Antartika Sidoarjo menunjukkan bahwa kecakapan hidup (Life Skills) dan prestasi belajar fisika siswa relatif rendah. Oleh karena itu dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan hidup (Life Skills) dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-Efektif-1 SMA Antartika Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti terlibat langsung dalam proses pelaksanaan analisis dan pelaporan hasil penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-Efektif-1 SMA Antartika Sidoarjo terhadap 40 siswa. Pembelajaran terdiri dari 2 siklus dengan melaksanakan pembelajaran berbasis inkuiri dengan metode Problem Solving diharapkan dapat menjadi solusi atas permasalahan yang dialami kelas. Pembelajaran tersebut menggabungkan langkah-langkah pembelajaran dalam inkuiri dan langkah-langkah pembelajaran pada metode Problem Solving. Materi yang diajarkan pada Siklus I adalah Spektrum Gelombang Elektromagnetik dan pada Siklus II diajarkan submateri Aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehiduan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek-aspek dalam kecakapan hidup meningkat. Aspek Thinking Skills pada Siklus I tercapai 61 6% dan meningkat menjadi 84 4% pada Siklus II. Aspek Social Skills yang pada Siklus I tercapai sebesar 60 25% menjadi 82 7% pada Siklus II. Aspek Academic Skills sebesar 63% menjadi 83 3% pada Siklus II. Prestasi belajar fisika siswa Kelas X-Efektif-1 SMA Antartika Sidoarjo juga mengalami peningkatan. Persentase ketuntasan kelas yang pada Siklus I sebesar 57.5% meningkat menjadi 75% pada Siklus II. Rerata nilai kelas yang pada Siklus I sebesar 68 75 menjadi 75 13 pada Siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18338

Actions (login required)

View Item View Item