Mardiyah, Ummu Hidayati (2012) Pengembangan soal pilihan ganda distraktor bermakna untuk mendeteksi miskonsepsi fisika siswa kelas X SMA Negeri 6 Mlang dalam interpretasi grafik GLB dan GLBB / Ummu Hidayati Mardiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci soal pilihan ganda distraktor bermakna miskonsepsi grafik GLB dan GLBB Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal pilihan ganda distraktor bermakna sebagai alat identifikasi miskonsepsi pada sub bab grafik GLB dan GLBB serta mengetahui kelayakan dan karakteristik soal pilihan ganda distraktor bermakna yang telah dikembangkan. Miskonsepsi dapat diartikan sebagai pertentangan atau perbedaan konsepsi seseorang dengan konsepsi yang dimiliki oleh masyarakat ilmiah atau para ahli yang telah diyakini kebenarannya. Miskonsepsi dapat mengganggu pemikiran siswa baik ketika siswa mengerjakan soal maupun ketika siswa mempelajari materi berikutnya. Alat identifikasi miskonsepsi yang pernah dikembangkan selama ini seperti tes uraian dan wawancara membutuhkan waktu lama dalam proses analisisnya sehingga sebagian besar guru sulit untuk melakukan identifikasi miskonsepsi. Atas dasar kendala tersebut maka dikembangkan soal pilihan ganda distraktor bermakna sebagai alat identifikasi miskonsepsi pada sub bab grafik GLB dan GLBB. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan. Langkah-langkah penelitian yang akan dilaksanakan tahap pendahuluan perencanaan pengembangan awal produk uji lapangan awal dan revisi produk akhir. Penelitian ini menggunakan teknik analisis validasi isi dan analisis program AAFF. Kegiatan validasi dilaksanakan oleh validator dari pihak guru dan dosen sebagai ahli materi dan ahli penilaian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang disertai rubrik penilaian soal uraian dan soal pilihan ganda yang dihasilkan. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator berdasarkan skala Likert dan data kualitatif berupa tanggapan dan saran yang diberikan oleh validator. Produk akhir penelitian ini adalah soal pilihan ganda distraktor bermakna sebagai alat identifikasi miskonsepsi yang dikembangkan berdasarkan soal uraian yang telah diujikan sebelumnya. Butir soal pilihan ganda distraktor bermakna memiliki empat alternatif jawaban yang masing-masing memiliki deskripsi yang berbeda. Berdasarkan hasil analisis produk yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria layak namun masih perlu ada revisi berdasarkan saran kritik dan tanggapana dari validator. Produk yang dihasilkan mampu membedakan siswa yang mengalami miskonsepsi tidak mengalami miskonsepsi dan yang mengalami ketidakkonsistenan dalam menjawab atau memilih jawaban serta mampu mengelompokkan siswa berdasarkan bentuk miskonsepsinya. Proses identifikasi dilakukan dengan melihat kekonsistenan siswa dalam menjawab setiap butir soal yang diberikan dalam satu konsepsi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Mar 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18337 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |