Pengembangan bahan ajar fisika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa R-SMA BI kelas XI topik gerak dan gaya menggunakan analisis vektor / Kharisma Riski Andita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa R-SMA BI kelas XI topik gerak dan gaya menggunakan analisis vektor / Kharisma Riski Andita

Andita, Kharisma Riski (2012) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa R-SMA BI kelas XI topik gerak dan gaya menggunakan analisis vektor / Kharisma Riski Andita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci bahan ajar berbasis masalah berpikir kritis dan R-SMA BI. Bahan ajar yang tersedia di pasaran dan biasanya digunakan dalam pembelajaran di kelas R-SMA BI sebagian besar menggunakan dua bahasa Inggris dan Indonesia. Padahal seharusnya hanya menggunakan bahasa Inggris. Namun bahan ajar yang berbahasa Inggris dapat menurunkan minat baca siswa oleh karena itu bahan ajar sebaiknya mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga siswa termotivasi untuk membacanya. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan menyajikan permasalahan nyata dan dekat dengan kehidupan siswa dalam bahan ajar untuk mengawali pembelajaran. Berdasarkan pada latar belakang tersebut maka diperlukan penelitian dan pengembangan suatu bahan ajar fisika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa RSMA BI. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar fisika berbasis masalah untuk siswa R-SMA BI kelas XI. Setelah produk dihasilkan kemudian diuji kelayakanya. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) menurut Borg and Gall yang telah dimodifikasi hingga tahap uji coba terbatas. Dalam uji coba terbatas dilakukan uji kelayakan dan keterbacaan bahan ajar. Uji kelayakan dilakukan pada empat ahli materi dan pembelajaran fisika dengan instrumen berupa angket. Pada uji keterbacaan tidak menggunakan instrumen khusus melainkan hanya menggunakan draf bahan ajar. Uji keterbacaan dilakukan pada 6 siswa dengan meminta mereka untuk menandai kata-kata yang tidak mereka mengerti dan memberikan tambahan ide agar bahan ajar menjadi lebih menarik. Produk akhir dari penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar ini adalah sebuah bahan ajar berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa R-SMA BI kelas XI topik gerak dan gaya menggunakan analisis vektor yang telah diuji hingga tahap uji coba awal dan telah direvisi berdasarkan uji coba awal. Karena tahap uji coba hanya sampai pada tahap uji coba awal maka bahan ajar masih perlu diuji secara lebih lanjut bahan ajar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18333

Actions (login required)

View Item View Item