Penerapan pembelajaran LC 5E dengan pendekatan sets untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan motifasi belajar fisika siswa kelas VIII - I SMPN 10 Malang / Imroatul Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran LC 5E dengan pendekatan sets untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan motifasi belajar fisika siswa kelas VIII - I SMPN 10 Malang / Imroatul Maghfiroh

Maghfiroh, Imroatul (2012) Penerapan pembelajaran LC 5E dengan pendekatan sets untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan motifasi belajar fisika siswa kelas VIII - I SMPN 10 Malang / Imroatul Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran LC 5E dengan pendekatan SETS kemampuan kerja ilmiah motivasi belajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas VIII-I SMPN 10 Malang diperoleh informasi bahwa 1)siswa memiliki motivasi yang rendah hal ini terbukti pada saat guru menerangkan hampir 60% siswa masih belum siap dengan pembelajaran pada saat guru memberikan pertanyaan kurang dari 15% siswa yang mengacungkan tangan siswa tidak perhatian terhadap tugas yang diberikan oleh guru tugas yang dikumpulkan tidak tepat waktu suasana kelas yang tidak kondusif dan ramai saat pembelajaran siswa juga kurang percaya diri dalam mengungkapkan ide dalam kegiatan diskusi kelas 2) guru kurang menghubungkan pelajaran fisika dengan fenomena kehidupan sehari-hari 3) kegiatan praktikum sudah dilaksanakan tetapi masih jarang sekali 4) penilaian terhadap kerja ilmiah belum pernah dilakukan sehingga sulit untuk memperoleh informasi komponen kerja ilmiah yang belum terlaksana dengan baik. Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah siswa dan motivasi belajar fisika siswa adalah pembelajaran LC 5E dengan pendekatan SETS. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan motivasi belajar fisika siswa kelas VIII-I SMPN 10 Malang melalui penerapan pembelajaran LC 5E dengan pendekatan SETS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Tindakan yang diberikan adalah penerapan pembelajaran LC 5E dengan pendekatan SETS. Penelitian dilakukan di SMPN 10 Malang dengan subjek penelitian kelas VIII-I dengan jumlah 42 siswa terdiri dari 18 siswa perempuan dan 24 siswa laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran lembar observasi kemampuan kerja ilmiah lembar observasi motivasi dan angket motivasi belajar siswa. Kemampuan kerja ilmiah dan motivasi belajar dikatakan berhasil jika tiap aspek telah mencapai kriteria baik (70%) dari skor maksimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran LC 5E dengan pendekatan SETS dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan motivasi belajar fisika siswa kelas VIII-I SMPN 10 Malang. Keterlaksanaan pembelajaran LC 5E dengan pendekatan SETS meningkat dari Siklus I ke siklus II sebesar 19 12%. Kemampuan kerja ilmiah siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 9 14%. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 9 14 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18331

Actions (login required)

View Item View Item