Rahmawati, Riza Nurvita (2012) Profil kerja ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa dalam perkuliahan fisika dasar di Universitas Negeri Surabaya / Riza Nurvita Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kerja Ilmiah Prestasi Belajar Fisika Dasar Mata kuliah Fisika Dasar memberikan pemahaman konsep dasar fisika sebagai dasar dalam menempuh mata kuliah selanjutnya yang lebih kompleks. Berdasarkan laporan dosen-dosen fisika banyak mahasiswa yang mengambil mata kuliah Fisika Dasar yang diselenggarakan melalui ceramah dan kegiatan laboratorium tradisional mengalami beberapa kesulitan. Kesulitan tersebut salah satunya adalah pemahaman yang lemah terhadap konsep-konsep Fisika Dasar. Kesulitan belajar yang dialami dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Jadi penting untuk mengkaji profil kerja ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa dalam perkuliahan Fisika Dasar di Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika off R dan off NR yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi perkuliahan Fisika Dasar pedoman wawancara mahasiswa pedoman wawancara dosen tes prestasi belajar dan tes kerja ilmiah yang telah dikembangkan oleh tim pengembang. Sebelum instrumen digunakan instrumen telah diujicoba dan divalidasi sehingga menghasilkan reliabilitas 0 734 untuk tes prestasi belajar dan 0 832 untuk tes kerja ilmiah. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi perkuliahan Fisika Dasar wawancara dengan 10 mahasiswa dan wawancara dengan 4 dosen dan tes prestasi belajar serta tes kerja ilmiah. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu presentase rerata dan modus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkuliahan Fisika Dasar telah terlaksana dengan baik dan prestasi belajar yang dihasilkan juga dalam kategori cukup baik tetapi semua mahasiswa menyatakan merasa kesulitan dalam perkuliahan Fisika Dasar karena hampir semua mahasiswa belum dapat mencapai ketuntasan dalam semua materi Fisika Dasar. Hal ini juga didukung oleh hasil wawancara dengan 4 dosen yang menginformasikan bahwa sekitar 10% - 40% mahasiswa masih mengalami kesulitan yang tersebar dalam semua sub topik. Untuk mengatasi hal ini dosen fisika Unesa pada khususnya telah memberikan bantuan yang berupa pemberian hand-out LKM dan praktikum tetapi mahasiswa menyatakan lebih senang meminta bantuan kepada teman yang lebih pintar. Sejalan dengan hasil wawancara dengan mahasiswa yang juga membenarkan bahwa dosen telah memberikan bantuan namun belum dapat secara optimal mengatasi kesulitan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |