Penerapan model pembelajaran react untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fisika pokok bahasan cahaya siswa kelas VIIID MTs Miftahul Ulum Pamekasan tahun ajaran 2010/2011 / Dedi Fachrozi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran react untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fisika pokok bahasan cahaya siswa kelas VIIID MTs Miftahul Ulum Pamekasan tahun ajaran 2010/2011 / Dedi Fachrozi

Fachrozi, Dedi (2011) Penerapan model pembelajaran react untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fisika pokok bahasan cahaya siswa kelas VIIID MTs Miftahul Ulum Pamekasan tahun ajaran 2010/2011 / Dedi Fachrozi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci aktivitas belajarFisika model pembelajaran REACT prestasi belajar Berdasarkan hasil wawancara dengan guru fisika dan observasi di kelas VIIIDMTs Miftahul Ulum Betet Pamekasandiperoleh permasalahan yang didapatialahaktivitas dan prestasibelajar fisika siswa rendah. Rendahnya keaktifan siswa ditunjukkan dengan rendahnya keberanian siswa untuk bertanya pada materi yang dibahas. Indikator lain rendahnya keaktifan siswa yaitu masih sedikitnya siswa yang mau menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh guru dan mempresentasikan pendapatnya sendiri atau hasil kerja kelompoknya di depan kelas secara sukarela. Rendahnya prestasibelajar fisika ditunjukkan oleh rendahnya nilai rata-rata ulangan harian siswa bila dibandingkan dengan nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 70 untuk mata pelajaran fisika.. Maka penelitian ini dilakukan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasibelajar fisika siswa kelas VIIID Semester GenapMTs Miftahul Ulum Betet Pamekasan dengan model REACT. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiridari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Tindakan yang diberikan adalah penerapan model pembelajaranREACT. Penelitian dilakukan di VIIID Semester GenapMTs MiftahulUlumBetetPamekasandengan subjek penelitian kelas VIIID dengan jumlah 37 siswa yang kesemuanyaadalahsiswaperempuan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran lembarobservasiaktivitasbelajarsiswa dantes. Aktivitas dan prestasi belajar fisika dikatakan berhasil jika ketuntasan belajar keduanyatelah mencapai75% dari seluruh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran REACTdapat meningkatkan aktivitas dan prestasibelajar fisika siswa kelas VIIIDMTs MiftahulUlumBetetPamekasan. Aktivitas Belajar siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar14 92%.Prestasi belajar fisika siswa mengalami peningkatan pada sebelum tindakan ke siklus I dan siklus II yaitu sebesar 10.46 % dan kelas sudah bisa dikatakan tuntas belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18326

Actions (login required)

View Item View Item