Pengembangan asesmen berbasis e-portofolio untuk mata pelajaran fisika bagi siswa kelas X SMAN 5 Kediri / Iftahul Halimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan asesmen berbasis e-portofolio untuk mata pelajaran fisika bagi siswa kelas X SMAN 5 Kediri / Iftahul Halimah

Halimah, Iftahul (2011) Pengembangan asesmen berbasis e-portofolio untuk mata pelajaran fisika bagi siswa kelas X SMAN 5 Kediri / Iftahul Halimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci asesmen berbasis e-portofolio asesmen e-portofolio e-portofolio fisika Asesmen berbasis e-portofolio merupakan koleksi beberapa bukti kegiatan belajar siswa yang telah disepakati bersama oleh guru dan siswa. Hasil observasi awal di SMAN 5 Kediri didapatkan informasi bahwa telah ada koneksi internet dan asesmen portofolio akan tetapi belum menggunakan e-portofolio. Nilai fisika siswa kelas X tahun 2009-2010 pada materi Listrik Dinamis di SMAN 5 Kediri 80% berada dibawah SKM. Tujuan pengembangan Asesmen berbasis e-portofolio ini adalah untuk (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan asesmen berbasis e-portofolio (2) mendeskripsikan karakteristik asesmen berbasis e-portofolio dan (3) mendeskripsikan kelayakan instrumen asesmen berbasis e-portofolio. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan adalah studi pendahuluan perencanaan pengembangan penyusunan draf produk evaluasi produk dan validasi produk hasil pengembangan. Produk yang dihasilkan adalah berupa asesmen berbasis e-portofolio. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif merupakan hasil penilaian kelayakan dari validator sedangkan data kualitatif berdasarkan komentar dan saran dari validator. Instrumen pengumpulan data yang dipakai berupa angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rata-rata kelayakan asesmen berbasis e-portofolio adalah sebesar 3 36 yang memenuhi kriteria/kategori layak sehingga dapat digunakan oleh guru sebagai alat/sarana dalam melakukan kegiatan penilaian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18325

Actions (login required)

View Item View Item