Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia animasi terhadap kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Erika Arvianita

Arvianita, Erika (2011) Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia animasi terhadap kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Erika Arvianita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: inkuiri, multimedia animasi, kemampuan bertanya, prestasi belajar Berdasarkan kenyataan yang ada pembelajaran fisika di SMP Negeri 2 Malang lebih didominasi oleh pembelajaran konvensional. Siswa cenderung pasif karena hanya menerima materi dan soal dari guru, selain itu siswa juga jarang melakukan percobaan di laboratorim fisika, sehingga prestasi fisika siswa masih rendah. Untuk itu perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran tertentu terhadap kemampuan bertanya dan prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia animasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui apakah kemampuan bertanya siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia animasi lebih baik daripada kemampuan bertanya siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional; (2) mengetahui apakah prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia animasi lebih baik daripada prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Dua sampel diperoleh secara acak. Dua kelas sampel mendapatkan perlakuan berbeda, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia animasi, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pembiasan cahaya pada lensa. Kemampuan bertanya siswa diukur menggunakan rubrik kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika siswa sebagai posttest diukur melalui tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bertanya siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia animasi sama dengan kemampuan bertanya siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia animasi lebih baik dari prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18324

Actions (login required)

View Item View Item