Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa dengan menggunakan model inkuiri pada kelas X SMAN 1 Lawang / Muchammad Fikriy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa dengan menggunakan model inkuiri pada kelas X SMAN 1 Lawang / Muchammad Fikriy

Fikriy, Muchammad (2011) Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa dengan menggunakan model inkuiri pada kelas X SMAN 1 Lawang / Muchammad Fikriy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci inkuiri prestasi belajar kemampuan berpikir kritis. Proses pembelajaran di SMAN 1 Lawang kurang mampu meningkatkan prestasi belajar.Hal ini dapat dilihat dari guru masih menggunakan pembelajaran tipe konvensional secara monoton di kelas sehingga suasana belajar terkesan kaku dan didominasi oleh guru. Dalam penyampaian materi guru menggunakan ceramah dimana siswa hanya duduk mencatat mendengarkan apa yang disampaikan guru dan sedikit peluang bagi siswa untuk bertanya. Dengan demikian suasana pembelajaran menjadi tidak kondusif dan siswa pasif.Untuk mengatasi masalah di atas dicoba menerapkan metode belajar konstekstual dengan model inkuiri. Pembelajaran inkuiri merupakan suatu proses yang bergerak dari langkah observasi sampai langkah pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis prestasi belajar siswa pada kelas yang belajar dengan model inkuiri dibandingkan kelas yang belajar dengan konvensional dan mengukur pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar kelas yang belajar dengan model inkuiri dibandingkan kelas yang belajar dengan konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester1 SMAN 1 Lawang tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah sepuluh kelas yaitu kelas X-1 sampai X-10. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 2 kelas yaitu kelas X-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling. Instrument prestasi belajar yang terdiri 19 soal pilihan ganda dari 20 soal yang sudah tervalidasi dan 3 soal uraian yang sudah tervalidasi isi. Berdasarkan hasil uji-t dan nilai rerata kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa yang belajar dengan model inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model konvensional. Berdasarkan hasil regresi sederhana diketahui pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa yang belajar dengan inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18319

Actions (login required)

View Item View Item