Nursanti, Vivit Dwi (2011) Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema bunyi terhadap kompetensi IPA siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pagak tahun ajaran 2010/2011 / Vivit Dwi Nursanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengaruh Paket IPA Terpadu Kompetensi IPA. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/ MTs merupakan IPA Terpadu. Karena dengan IPA Terpadu akan dapat menghindari pengulangan materi dan materi yang dipelajari akan lebih dalam. Akan tetapi hasil pengamatan di SMP Negeri 1 Pagak menunjukkan bahwa pembelajaran IPA masih disampaikan secara terpisah-pisah. Salah satu penyebabnya adalah karena terbatasnya bahan ajar yang menyajikan IPA secara terpadu. Pada tahun 2010 telah dikembangkan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema bunyi oleh Diah yang telah diuji kelayakannya meliputi penilaian Paket IPA Terpadu oleh dosen dan guru serta uji keterbacaan buku panduan siswa oleh siswa SMP. Penelitian ini bermaksud menguji paket tersebut secara empirik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pagak Tahun Pelajaran 2010/2011. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IX C dan IX D yang dipilih secara acak kelompok. Kelas IX C berjumlah 30 siswa dan ditetapkan sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas IX D berjumlah 28 siswa dan ditetapkan sebagai kelas kontrol. Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Bunyi digunakan sebagai bahan ajar untuk pembelajaran IPA pada kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol mendapat pembelajaran IPA dengan paket IPA yang telah ditetapkan sekolah. Kedua kelas memperoleh materi yang sama sesuai SK dan KD IPA kelas IX yaitu KD 3.2 KD 6.1. KD 6.2. dan KD 1.3. Instrumen pengukuran kompetensi IPA berupa pilihan ganda untuk soal tes prestasi belajar sebanyak 11 butir dengan reliabilitas 0 533 essay untuk soal tes kerja ilmiah sebanyak 13 butir dengan reliabilitas 0 643 dan skala sikap ilmiah untuk mengukur sikap ilmiah sebanyak 16 butir dengan reliabilitas 0 802 yang sebelumnya telah diujikan pada 110 responden dan dinyatakan valid berdasarkan validitas reliabilitas taraf kesukaran dan daya pembeda. Dengan menggunakan statistik U Mann-Withney hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar kerja ilmiah siswa dan sikap ilmiah siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Uji hipotesis dengan U Mann-Withney menunjukkan nilai prestasi belajar pada kelas eksperimen adalah 5 202 nilai kerja ilmiah pada kelas eksperimen adalah 4 248 dan nilai sikap ilmiah pada kelas eksperimen adalah 3 267. Sedangkan nilai prestasi belajar kerja ilmiah dan sikap ilmiah pada kelas kontrol adalah 1 645 pada signifikansi 0 05.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Oct 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18316 |
Actions (login required)
View Item |