Pengaruh pembelajaran kontekstual model REACT terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen / Wahyu Dwi Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kontekstual model REACT terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen / Wahyu Dwi Puspitasari

Puspitasari, Wahyu Dwi (2011) Pengaruh pembelajaran kontekstual model REACT terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen / Wahyu Dwi Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model pembelajaran REACT hasil belajar kognitif hasil belajar psi ko motor Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan pembaharuan dari kurikulum sebelumnya. Dalam KTSP guru diberikan kesempatan untuk bisa menggali lebih potensi yang dimiliki oleh siswa. Hal ini dikare na kan adanya ke bebasan guru dalam penyampaian materi disesuaikan dengan kon disi siswa. Salah satu model pembelajaran inovatif yang bisa digunakan untuk menggali potensi sis wa adalah model pembelajaran REACT. Model pembelajaran REACT terdiri da ri lima tahap yaitu Relating Experiencing Applying Coope ra ting and Transfer ring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model ini terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMAN 1 Kepanjen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pene li tian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only con trol group. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen kelas X-6 sampai dengan X-9. Proses penentuan sampel penelitian de ngan pur posive cluster sampling dan terpilih ke las X-8 dan X-9. Menggunakan purposive cluster sampling dikarenakan adanya perbedaan nilai rata-rata ula ngan dari keem pat kelas tersebut. Kelas X-8 dengan jumlah siswa 30 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-9 dengan jumlah siswa 28 ditetapkan sebagai kelas kontrol. Model pembelajaran REACT diterapkan di kelas eksperi men dengan me laksanakan percobaan Untuk kelas kontrol pembelajaran dilaku kan dengan pem belajaran konven sio nal tidak ada percobaan hanya melihat de monstrasi. Kedua ke las mendapatkan materi KD 5.1 yaitu memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop). instrumen pengukuran berupa pilihan ganda uraian dan lembar observasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t dan uji U Mann-Whitney. Uji t digunakan untuk menguji hipotesis hasil belajar kognitif. Uji U Mann-Whitney di gunakan untuk menguji hipotesis hasil belajar psikomotor. Ber dasarkan uji hipote sis yang telah dilakukan maka diperoleh suatu kesimpu lan bah wa hasil belajar (kognitif dan psikomotor) fisika siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen yang diajar de ngan model pembelajaran REACT lebih baik daripada hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan pembelajaran kon vensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18315

Actions (login required)

View Item View Item