Model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan pemahaman konsep fisika siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Malang / Ike Lusi Meilina - Repositori Universitas Negeri Malang

Model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan pemahaman konsep fisika siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Malang / Ike Lusi Meilina

Meilina, Ike Lusi (2011) Model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan pemahaman konsep fisika siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Malang / Ike Lusi Meilina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Problem Based Learning (PBL) kemampuan bertanya pemahaman konsep fisika. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 2 Malang kelas VIII G metode pembelajaran yang sering digunakan guru di kelas adalah metode ceramah terkadang guru juga memberikan tanya jawab dan sedikit demonstrasi di depan kelas. Kegiatan pembelajaran fisika di kelas kurang interaksi antara guru dan siswa sehingga siswa cenderung pasif. Perlu dilakukan upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut antara lain berupa pengembangan strategi pembelajaran yang mampu mengoptimalkan keingintahuan siswa dalam memahami konsep fisika. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan pemahaman konsep fisika siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Malang dengan penerapan model PBL (Problem Based Learning). Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara observasi dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa rubrik keterlaksanaan PBL rubrik kemampuan bertanya siswa dan catatan lapangan. Instrumen pembelajaran yang digunakan meliputi RPP LKS dan soal pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bertanya siswa aspek tingkat pertanyaan meningkat 49 69% yaitu dari 28 95% pada siklus I menjadi 78 64% pada siklus II. Keberanian meningkat 16 82% yaitu dari 21 27% pada siklus I menjadi 38 09% pada siklus II. Relevansi meningkat 39 48% yaitu dari 44 73% pada siklus I menjadi 84 21% pada siklus II. Struktur kalimat pertanyaan meningkat 39 91% yaitu dari 44 30% pada siklus I menjadi 84 21% pada siklus II. Pemahaman konsep fisika siswa pada siklus I adalah 76 32% dan meningkat menjadi 92 10% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan kemampuan bertanya siswa (2) penerapan PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18313

Actions (login required)

View Item View Item