Penerapan pendekatan inquiri untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika pada siswa kelas X-4 SMAN 5 Kediri / Lidana Marta Sitika - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan inquiri untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika pada siswa kelas X-4 SMAN 5 Kediri / Lidana Marta Sitika

Sitika, Lidana Marta (2011) Penerapan pendekatan inquiri untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika pada siswa kelas X-4 SMAN 5 Kediri / Lidana Marta Sitika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pendekatan inkuiri kemampuan bertanya siswa prestasi belajar siswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa kelas X-4 SMAN 5 Kediri tidak aktif bertanya. Siswa cenderung diam jika diminta untuk bertanya. Selain itu dari wawancara dengan guru menunjukkan bahwa nilai ulangan siswa kelas X-4 SMAN 5 Kediri masih banyak yang dibawah KKM sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa masih kurang. Hal ini dimungkinkan karena pendekatan yang digunakan sebelumnya dalam proses pembelajaran tidak cocok untuk kelas ini dan perlu adanya pendekatan yang baru untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan kenyataan itu perlu diterapkan pendekatan dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan bertanya siswa dan prestasi belajar siswa. Pendekatan pembelajaran tersebut adalah pendekatan inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan listrik dinamis. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan Hukum I kirchoff dan siklus 2 dengan pokok bahasan daya dan energi listrik. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2010/2011 di kelas X-4 SMAN 5 Kediri. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 43 siswa dengan 19 siswa putra dan 24 siswa putri. Prestasi belajar siswa diperoleh dari nilai pos-tes dan nilai ujian. Kemampuan bertanya dinilai dengan 4 aspek yaitu kualitas relevansi bahasa dan keberanian. Berdasarkan hasil analisis dan refleksi diketahui bahwa setelah tindakan diterapkan terjadi peningkatan persentase kemampuan bertanya siswa dari siklus I dan siklus II. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan inkuiri mampu meningkatkan Kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika pokok bahasan listrik dinamis pada siswa kelas X-4 SMAN 5 Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18310

Actions (login required)

View Item View Item