Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Tumpang / Miftakhu Syifa' - Repositori Universitas Negeri Malang

Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Tumpang / Miftakhu Syifa'

Syifa', Miftakhu (2011) Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Tumpang / Miftakhu Syifa'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci problem based learning (PBL) kemampuan berpikir kritis Berdasarkan observasi awal diperoleh bahwa proses pembelajaran fisika di kelas X-9 SMA Negeri 1 Tumpang belum maksimal hal ini ditunjukkan dengan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran siswa jarang bertanya dan hanya sesekali menjawab pertanyaan dari guru. Siswa sulit memahami suatu masalah dan meramalkan apa yang mungkin terjadi dari suatu gejala siswa kesulitan membuat kesimpulan. Guru juga belum pernah menggunakan variasi metode pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pembelajaran yang dilakukan selama ini bersifat teacher center dan apa yang diajarkan bersifat prosedural tanpa upaya membangkitkan kepekaan siswa dalam belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu peserta didik berlatih memecahkan masalah adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Tumpang dengan model pembelajaran PBL. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan GLB dan GLBB dan siklus II dengan pokok bahasan gerak jatuh bebas dan gerak vertikal atas. Penelitian dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2010/2011 dengan pengambilan data di kelas X-9 SMA Negeri 1 Tumpang yang berjumlah 31 siswa. Proses pelaksanaan pembelajaran di awali dengan orientasi siswa kepada masalah selanjutnya guru mengorganisasi siswa untuk belajar dan membimbing dalam penyelidikan individual maupun kelompok kemudian diakhiri dengan penyajian hasil karya dan evaluasi serta refleksi.Berdasarkan hasil analisis dan refleksi diketahui bahwa setelah diterapkan model pembelajaran Problem based Learning terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya skor kemampuan berpikir kritis siswa dari siklus I ke siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Tumpang Malang tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18309

Actions (login required)

View Item View Item