Pengembangan bahan ajar optik geometri berbasis multimedia interaktif dalam bentuk buku digital / Romeo Galistra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar optik geometri berbasis multimedia interaktif dalam bentuk buku digital / Romeo Galistra

Galistra, Romeo (2011) Pengembangan bahan ajar optik geometri berbasis multimedia interaktif dalam bentuk buku digital / Romeo Galistra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Bahan Ajar Multimedia Pembelajaran Interaktif Buku Digital Siswa mempelajari optik geometri menggunakan buku dan kit optik. Media kit optik belum bisa memperlihatkan proses terjadinya bayangan karena jalannya sinar tidak dapat diamati sedangkan media buku sudah menggambarkan jalannya sinar tetapi siswa tidak dapat mengamati fenomena yang terjadi dan tampilannya tidak menarik. Para pengembang teknologi pembelajaran telah mengembangkan multimedia animasi untuk menutupi kelemahan media buku ataupun kit optik. Multimedia animasi yang berkembang saat ini masih berupa sistem windows panel. Media dengan sistem windows panel seperti powerpoint atau flash sudah mampu menganimasikan berkas sinar dan menampilkan fenomena fisika dengan cukup baik. Media tersebut didukung desain panel interface yang bersifat WYSWYG (What You See What You Get) namun media tersebut belum bisa mengintregasikan fenomena fisika animasi gambar dan teks dalam bentuk buku digital (PageFlip). Diperlukan sebuah bahan ajar yang bisa memenuhi kelemahan kit optik dan buku serta mampu mengintegrasikan fenomena fisika animasi gambar dan teks dalam bentuk buku digital. Pengembangan bahan ajar dalam bentuk buku digital bertujuan untuk memproduksi sebuah bahan ajar dalam bentuk baru yang kemampuannya dapat menutupi kelemahan kit optik dan buku biasa. Untuk mengetahui keefektifan bahan ajar baik secara materi maupun sebagai media pembelajara dan seberapa besar bahan ajar ini meningkatkan hasil belajar siswa bahan dalam bentuk digital juga divalidasi oleh ahli materi dan ahli media masing masing satu orang. Bahan ajar ini juga diujicobakan pada siswa pengguna sebanyak 10 orang. Bahan ajar dinyatakan valid dengan hasil perhitungan ahli media 89 3% dan ahli materi 77 5%. Uji coba siswa pengguna menghasilkan tingkat ketertarikan siswa dengan skor 75 5%. Berdasarkan hasil tersebut dinyatakan bahan ajar dalam bentuk buku digital yang dihasilkan valid dan menarik sebagai media pembelajaran Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah dihasilkan produk bahan ajar optik geometri dalam bentuk buku digital berformat flash dan exe. Bahan ajar yang dikembangkan dapat menutupi kelemahan buku dan kit optik. Kelemahan dari bahan ajar ini adalah belum mempunyai fasilitas zoom dan print disetiap halamannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18307

Actions (login required)

View Item View Item