Efektivitas pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPI Sabilillah Malang / Yulia Agustin Surya Juita - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPI Sabilillah Malang / Yulia Agustin Surya Juita

Juita, Yulia Agustin Surya (2011) Efektivitas pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPI Sabilillah Malang / Yulia Agustin Surya Juita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci PBL Prestasi Belajar Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Perkembangan sains yang begitu pesat mengharuskan pendidik untuk merancang dan melaksanakan pendidikan yang lebih terarah pada penguasaan konsep sains. Para ahli pembelajaran telah menyarankan penggunaan paradigma pembelajaran konstruktivistik dan kegiatan pembelajaran hendaknya mempersiapkan peserta didik yang memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah kritis dan kreatif dalam kondisi yang berwawasan nasional regional dan global. Pembelajaran PBL merupakan suatu model pembelajaran konstruktistik. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui efektifitas pembelajaran PBL dalam meningkatkan prestasi belajar kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPI Sabilillah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu sampel yang digunakan berasal dari dua kelas yaitu kelas VIIIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diajar dengan model PBL sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang diajar secara konvensional. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Data yang ingin diteliti adalah prestasi belajar kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Data prestasi belajar dianalaisis dengan uji t sedangkan data kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dianalaisis dengan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 73 29 dan pada kelas kontrol adalah 74 40. Nilai rata-rata ini kemudian diuji hipotesis meggunakan Uji-t fihak kanan. Uji-t fihak kanan digunakan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang diajar dengan PBL lebih tinggi dibandingkan nilai yang diajar secara konvensional. Melalui Uji-t dengan bantuan SPSS diperoleh hasil thitung 0 514 ttabel 1 670. Kesimpulan dari hasil analisis menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas eksperimen lebih kecil atau sama dengan kelas kontrol . Hal ini disebabkan oleh tidak maksimalnya peneliti dalam melakukan proses penelitian. Data kemampuan berpikir kritis dan kreatif diuji dengan analisis nonparametris tepatnya adalah uji Mann-Whitney karena data tidak terdistribusi normal. Melalui analisis Mann-Whitney dengan bantuan SPSS diperoleh nilai z untuk kemampuan berpikir kritis adalah 4 907 1 65 dan 5 608 1 65 untuk data kemampuan berpikir kreatif. Hal ini mengandung makna bahwa kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa yang diajar PBL lebih tinggi dibanding siswa yang diajar secara konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18306

Actions (login required)

View Item View Item