Pengembangan bahan ajar fisika berbasis PBL (Problem Based Learning) dan penanaman nilai-nilai kewirausahaan pada pokok bahasan listrik dinamis untuk SMA/MA kelas X semester genap / Ino Angga Putra

Putra, Ino Angga (2011) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis PBL (Problem Based Learning) dan penanaman nilai-nilai kewirausahaan pada pokok bahasan listrik dinamis untuk SMA/MA kelas X semester genap / Ino Angga Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Bahan ajar fisika, PBL (Problem Based Learning), nilai-nilai kewirausahaan, listrik dinamis. Peraturan Mendiknas No 17 Tahun 2006 menyatakan bahwa pendidikan menengah bertujuan membentuk peserta didik menjadi insan berilmu, cakap, kritis, kreatif, dan inovatif. Di lain pihak, hasil survei terhadap siswa dan guru me-nunjukkan bahwa sangat diperlukan bahan ajar fisika yang dapat melatih dan mengembangkan berpikir kritis dan kreatif serta penanaman nilai-nilai kewira-usahaan. Hasil pengamatan di beberapa toko buku di Malang menunjukkan bahwa belum banyak ditemukan bahan ajar fisika yang dapat mengembangkan berpikir kritis dan kreatif siswa serta penanaman nilai-nilai kewirausahaan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan menyusun bahan ajar fisika berbasis PBL (Pro-blem Based Learning) dan penanaman nilai-nilai kewirausahaan pada pokok baha-san Listrik Dinamis. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kelayakan bahan ajar fisika berbasis PBL (Problem Based Learning) dan penanaman nilai-nilai kewirausahaan pada pokok bahasan Listrik Dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan lima langkah awal metode Borg dan Gall, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba, dan revisi hasil uji coba. Kelayakan diukur dengan menggunakan uji validitas oleh tim ahli materi (dosen Fisika) dan pengguna bahan ajar (guru Fisika MA Negeri 3 Malang). Selain itu, terkait dengan keterbacaan bahan ajar maka dilakukan uji keterbacaan oleh sepuluh siswa MA Negeri 3 Malang yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah dengan mengisi angket dan membaca bahan ajar, kemudian menandai kata-kata sulit dan kalimat yang belum dipahami. Hasil validasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar fisika berbasis PBL (Problem Based Learning) dan penanaman nilai-nilai kewirausa-haan pada pokok bahasan listrik dinamis memperoleh nilai rata-rata 3,57 yang berarti layak. Bahan ajar ini perlu dilakukan perbaikan berdasarkan saran dan kritik dari tim validator. Bahan ajar fisika ini belum dapat digunakan untuk pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk mela-kukan penelitian pengembangan lebih lanjut terhadap bahan ajar fisika tersebut dengan melakukan kajian eksperimen dan uji coba yang lebih luas, sehingga di-peroleh bahan ajar fisika berbasis PBL (Problem Based Learning) dan penanaman nilai-nilai kewirausahaan pada pokok bahasan listrik dinamis yang teruji validitasnya secara empiris dan siap digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18301

Actions (login required)

View Item View Item