Pengembangan multimedia pelajaran matematika bangun datar untuk kelas VII SMPN 13 Malang / Feri Norsyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pelajaran matematika bangun datar untuk kelas VII SMPN 13 Malang / Feri Norsyati

Norsyati, Feri (2011) Pengembangan multimedia pelajaran matematika bangun datar untuk kelas VII SMPN 13 Malang / Feri Norsyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Multimedia Matematika Bangun Datar Pengembangan multimedia untuk matematika bangun datar ini merupakan media yang dapat membuat siswa termotivasi dalam belajar secara klasikal. Pada kondisi nyata pembelajaran matematika di SMPN 13 Malang yang memiliki laboratorium matematika dengan fasilitas yang mendukung seperti LCD TV VCD komputer dll namun pemanfaatannya belum maksimal untuk pembelajaran maka dengan adanya media pembelajaran ini dapat membuat pembelajaran matematika menjadi menarik dan menjadi tambahan koleksi di laboratorium matematika. Selain itu proses belajar mengajar sering terjadi di dalam kelas dengan sumber dari buku dan LKS maka diharapkan dengan adanya media ini maka dapat membuat pembelajaran matematika lebih bervariasi dan dapat menjadi media yang menarik bagi siswa. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan suatu produk yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 13 Malang dan memvalidasi media yang berupa pengembangan multimedia matematika bangun datar di SMPN 13 Malang. Subyek uji coba dalam pengembangan ini adalah siswa SMPN 13 Malang kelas VII semester 2 kelas VII D dengan jumlah siswa sebanyak 38 siswa. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif data kualitatif bersumber dari angket yang diisi oleh ahli media ahli materi dan audien sedangkan kuantitaif bersumber dari pre test dan post test yang diberikan kepada siswa. Hasil dari pengembangan ini berupa CD pembelajaran matematika bangun datar. Multimedia ini divalidasikan kepada ahli media ahli materi dan audien. Adapun hasil uji coba yang telah dilakukan yaitu (1) ahli media didapatkan skor persentase sebesar 92 5% berdasarkan pada kriteria kelayakan multimedia ini dikatakan sangat valid (2) ahli materi didapatkan skor persentase sebesar 90% berdasarkan pada kriteria kelayakan multimedia ini dikatakan sangat valid (3) uji coba perseorangan didapatkan skor persentase sebesar 78 3% berdasarkan pada kriteria kelayakan multimedia ini dikatakan sangat valid (4) uji coba kelompok kecil didapatkan skor persentase sebesar 74% berdasarkan pada kriteria kelayakan multimedia ini dikatakan valid (5) uji coba lapangan didapatkan skor persentase sebesar 76% berdasarkan pada kriteria kelayakan multimedia ini dikatakan sangat valid. Pada data hasil pre test dan post test perseorangan terjadi peningkatan hasil belajar terlihat dengan adanya skor rata-rata pre test 65 sedangkan skor rata-rata post test 90 untuk data hasil belajar kelompok kecil skor rata-rata pre test 68 sedangkan skor rata-rata post test 88 dan untuk data hasil belajar lapangan skor rata-rata pre test 67 sedangkan skor rata-rata post test 87. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa yang belajar dengan menggunakan multimedia pelajaran matematika bangun datar hasil belajarnya lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa sebelum menggunakan multimedia tersebut. Kesimpulan dari pengembangan ini adalah multimedia pelajaran matematika bangun datar yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran pengembangan ini adalah (1) bagi sekolah dengan adanya CD multimedia ini diharapkan dapat dijadikan masukan untuk memperbanyak media multimedia sehingga dapat menunjang proses pembelajaran (2) bagi guru pada saat guru memanfaatkan multimedia ini guru harus mempelajari petunjuk pemanfaatan dan melaksanakannya sesuai dengan petunjuk agar pemanfaatan dapat berjalan dengan lancar (3) bagi siswa saat melihat tayangan hendaknya disertai dengan membuka buku yang berkaitan dengan materi sehingga apa yang dilihat dapat disesuaikan dengan materi yang ada dibuku (4) bagi pengembang selanjutnya lebih memperhatikan pemilihan materi pemilihan software yang digunakan komposisi warna dan gambar dan animasi agar dapat menghasilkan media yang layak untuk disajikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item