Rahma, Ary Analisa (2011) Pengaruh implementasi paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema mata terhadap kompetensi IPA siswa kelas IX SMP Negeri 1 Rejoso Kabupaten Pasuruan / Ary Analisa Rahma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Implementasi Paket IPA Terpadu Kompetensi IPA Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/MTs merupakan IPA Terpadu. Hasil observasi di SMP Negeri 1 Rejoso kabupaten Pasuruan menunjukkan bahwa pembelajaran IPA masih diberikan secara terpisah antara fisika biologi dan kimia. Salah satu alasannya adalah karena tidak tersedianya bahan ajar IPA secara terpadu. Pada tahun 2010 telah dikembangkan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema mata untuk siswa SMP kelas IX oleh Rohman. Paket IPA Terpadu tersebut telah dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan isi (oleh para ahli dan guru) serta berdasarkan uji keterbacaan (oleh siswa) namun belum diimplementasikan sehingga belum teruji mampu meningkatkan kompetensi IPA siswa atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji paket IPA Terpadu tersebut secara empirik. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Experiment. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pretest and Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Rejoso kabupaten Pasuruan tahun ajaran 2010/2011. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini adalah Cluster Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IX B dan IX D. Kelas IX B ditetapkan sebagai kelas kontrol yaitu kelas dengan pembelajaran secara konvensional. Kelas IX D ditetapkan sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang pembelajarannya menggunakan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema mata. Instrumen pengukuran berupa tes kompetensi IPA yang terdiri dari (1) tes prestasi belajar bentuk soal pilihan ganda sebanyak 15 butir dengan reliabilitas 0 637 (2) tes kerja ilmiah bentuk soal uraian sebanyak 6 butir dengan reliabilitas 0 603 (3) tes sikap ilmiah bentuk skala sikap ilmiah sebanyak 16 butir dengan reliabilitas 0 802. Sebelum melakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil perhitungan data sampel terdistribusi normal dan homogen. Oleh karena itu analisis data dilanjutkan dengan statistik parametrik yaitu dengan uji Anakova. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan prestasi belajar dan kerja ilmiah sedangkan tidak ada perbedaan pada sikap ilmiah antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji lanjut LSD menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Skor rata-rata prestasi belajar pada kelas eksperimen adalah 12 15 sedangkan pada kelas kontrol adalah 10 21. Skor rata-rata kerja ilmiah pada kelas eksperimen adalah 5 85 sedangkan skor rata-rata kerja ilmiah pada kelas kontrol adalah 5 05.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18296 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |