Pembelajaran aktif untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan pembelajaran bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada matakuliah strategi pembelajaran fisika / Nurita Apridiana Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran aktif untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan pembelajaran bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada matakuliah strategi pembelajaran fisika / Nurita Apridiana Lestari

Lestari, Nurita Apridiana (2011) Pembelajaran aktif untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan pembelajaran bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada matakuliah strategi pembelajaran fisika / Nurita Apridiana Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran aktif kemampuan melaksanakan pembelajaran. Kemampuan melaksanakan pembelajaran mahasiswa prodi Pendidikan Fisika perlu ditingkatkan. Kemampuan melaksanakan pembelajaran dapat diamati saat praktik mengajar. Kemampuan tersebut meliputi kemampuan membuka pelajaran penggunaan model pembelajaran penggunaan media pembelajaran penguasaan materi ajar penyampaian materi ajar pengelolaan kelas dan menutup pelajaran. Peneliti berkolaborasi dengan dosen melakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan pembelajaran bagi mahasiswa melalui penerapan pembelajaran aktif. Penerapan pembelajaran aktif dilakukan dengan multimodel yang meliputi Problem Based Learning (PBL) Jigsaw dan Think Pair Share (TPS). Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dalam 2 siklus ditambah dengan tahap implementasi. Penelitian dilakukan di kelas CC AX yang terdiri dari 23 mahasiswa pada semester genap tahun akademik 2010/2011. Materi yang diajarkan pada pelaksanaan tindakan adalah teori-teori belajar Fisika dan model-model pembelajaran Fisika. Keterlaksanaan pembelajaran aktif diukur menggunakan Lembar Keterlaksanaan Pembelajaran. Kemampuan melaksanakan pembelajaran mahasiswa diukur menggunakan Lembar Observasi Kemampuan Melaksanakan Pembelajaran. Penilaian kemampuan melaksanakan pembelajaran mahasiswa dilakukan saat praktik mengajar yaitu pada tahap implementasi. Data-data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan data secara lengkap dalam bentuk kalimat. Analisis kuantitatif bertujuan sebagai data pendukung keterlaksanaan tindakan yang ditunjukkan dalam bentuk angka dan persentase. Hasil penelitian menujukkan peningkatan persentase keterlaksanaan pembelajaran aktif dari sikus I sebesar 73 47% menjadi 97 49% pada siklus II. Selain itu persentase rata-rata kemampuan melaksanakan pembelajaran dalam tiap aspek mencapai 82 22%. Hasil penelitian ini juga didukung oleh peningkatan rata-rata nilai tes dari siklus I sebesar 68 96 menjadi 78 61 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran aktif dengan menggunakan model PBL Jigsaw dan TPS dapat meningkatkan kemampuan melaksanakan pembelajaran mahasiswa prodi Pendidikan Fisika pada mata kuliah SPF.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18295

Actions (login required)

View Item View Item