Peningkatan kemampuan bertanya dan pemahaman konsep fisika melalui pemblajaran berbasis inkuiri dengan model pencapaian konsep di kelas VII A SMPN 4 Malang / Karunia Pertiwi Abimanyu - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan bertanya dan pemahaman konsep fisika melalui pemblajaran berbasis inkuiri dengan model pencapaian konsep di kelas VII A SMPN 4 Malang / Karunia Pertiwi Abimanyu

Abimanyu, Karunia Pertiwi (2011) Peningkatan kemampuan bertanya dan pemahaman konsep fisika melalui pemblajaran berbasis inkuiri dengan model pencapaian konsep di kelas VII A SMPN 4 Malang / Karunia Pertiwi Abimanyu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan bertanya model pencapaian konsep (Attaining Concepts) pemahaman konsep pembelajaran berbasis inkuiri Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis inkuri dengan model pencapaian konsep untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan pemahaman konsep fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pembelajaran ini terdiri dari 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 tahapan pembelajaran yaitu penyajian data dan identifikasi konsep pengujian pencapaian konsep dan analisis strategi-strategi berpikir. Tahapan ini sesuai dengan tahapan model pencapaian konsep yang diterapkan. Data diperoleh dari catatan lapangan lembar observasi dan tes akhir siklus. Analisis data dilakukan dengan reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada siklus I dan pada siklus II menunjukkan keterlaksanaan penerapan pembelajaran berbasis inkuri dengan model pencapaian konsep mengalami peningkatan 6 45%. Kemampuan bertanya siswa pada aspek jumlah siswa yang bertanya tidak mengalami peningkatan maupun penurunan dari hasil pada siklus I dan siklus II yaitu tetap 51 35%. Kemampuan bertanya siswa aspek kualitas relevansi dan bahasa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 3.77%. Hasil penelitian dari aspek yang diteliti terakhir yaitu pemahaman konsep fisika siswa juga meningkat 2 70%. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah penerapan pembelajaran berbasis inkuiri dengan model pencapaian konsep ini dapat diterapkan pada materi pelajaran sains yang lain. Pelaksanaan pembelajaran berbasis inkuiri dengan model pencapaian konsep diperlukan manajemen kelas dan manajemen waktu yang baik agar hasil pembelajarannya optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18294

Actions (login required)

View Item View Item