Pengembangan bahan ajar fisika kontekstual pada pokok bahasan sifat mekanik bahan untuk SMK program keahlian teknik mesin kelas X semester II / Sulastri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika kontekstual pada pokok bahasan sifat mekanik bahan untuk SMK program keahlian teknik mesin kelas X semester II / Sulastri

Sulastri (2011) Pengembangan bahan ajar fisika kontekstual pada pokok bahasan sifat mekanik bahan untuk SMK program keahlian teknik mesin kelas X semester II / Sulastri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Bahan Ajar Fisika Kontekstual Sifat Mekanik Bahan Suatu proses pembelajaran membutuhkan adanya sarana pembelajaran salah satunya adalah bahan ajar yang disusun oleh pengajar atau oleh penulis lain. Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK merupakan salah satu jenjang pendidikan yang setara dengan Sekolah Menengah Atas atau SMA yang membedakan adalah orientasi dari keduanya. SMA lebih berorientasi pada peningkatan pengetahuan sedangkan SMK lebih berorientasi peningkatan keterampilan atau skill. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa guru fisika dan siswa SMK diketahui bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran siswa SMK tidak memiliki buku pegangan khususnya bagi siswa kelas I program Keahlian Teknik Mesin. Oleh karena itu dilaksanakan penelitian dengan menyusun bahan ajar fisika untuk SMK yang terdiri atas buku ajar untuk siswa dan buku panduan untuk guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan buku ajar untuk siswa dan buku panduan untuk guru pada pokok bahasan sifat mekanik bahan untuk SMK Program Keahlian Teknik Mesin Kelas X semester II. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan lima langkah awal metode Borg dan Gall yaitu penelitian dan pengumpulan data perencanaan pengembangan produk awal uji coba produk awal dan penyempurnaan produk awal. Kelayakan diukur dengan menggunakan uji validitas oleh tim materi (tiga dosen fisika) dan pengguna paket (dua guru fisika SMK PGRI 3 Malang). Selain itu sepuluh siswa SMK PGRI 3 Malang yang diambil dari 3 kelas program keahlian teknik mesin diminta untuk membaca buku ajar untuk siswa. Setelah itu mengisi angket untuk mengetahui keterbacaan buku ajar oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar fisika kontekstual pada pokok bahasan sifat mekanik bahan untuk SMK program keahlian teknik mesin kelas X semester II memperoleh nilai rata-rata 3 4 dari hasil validasi dosen dan guru dan memperoleh nilai 3 3 dari hasil uji coba awal oleh siswa. Keduanya menunjukkan buku ajar termasuk kategori layak. Sedangkan buku panduan untukguru memperoleh nilai rata-rata 3 4 yang berarti layak. Walaupun telah dinilai layak buku ajar dan buku panduan untuk guru pada pokok bahasan sifat mekanik bahan belum dapat digunakan untuk pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk melakukan penelitian pengembangan lebih lanjut terhadap buku ajar dan buku panduan untuk guru dengan melakukan kajian eksperimen dan uji coba lebih luas sehingga diperoleh buku ajar dan buku panduan untuk guru yang teruji validitasnya secara empiris dan siap digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18293

Actions (login required)

View Item View Item