Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme tema peredaran darah terhadap kompetensi IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Malang / Reni Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme tema peredaran darah terhadap kompetensi IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Malang / Reni Wulandari

Wulandari, Reni (2011) Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme tema peredaran darah terhadap kompetensi IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Malang / Reni Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Paket IPA Terpadu Kompetensi IPA. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/ MTs merupakan IPA Terpadu. Hasil pembelajaran IPA di SMP Negeri 12 Malang sudah menerapkan kurikulum IPA terpadu tetapi dalam pelaksanaannya penyajian materi secara terpisah-pisah antara fisika biologi dan kimia. Salah satu penyebabnya adalah terbatasnya bahan ajar yang menyajikan IPA secara terpadu. Pada tahun 2010 telah dikembangkan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema peredaran darah oleh Rayendra Wahyu Bachtiar. Paket tersebut meliputi Paket IPA Terpadu untuk siswa dan panduan untuk guru yang telah diuji kelayakannya oleh dosen guru dan siswa SMP. Penelitian ini bermaksud menguji paket tersebut melalui pengujian kompetensi IPA siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen semu dengan desain Pretes Postes Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Malang Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan sampel kelas VIII F dan VIII G yang dipilih secara acak kelompok. Kelas VIII F berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G berjumlah 36 siswa sebagai kelas pembanding. Kelas eksperimen diberi pembelajaran menggunakan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme Tema Peredaran Darah dan kelas pembanding mendapat pembelajaran dengan paket IPA yang telah ditetapkan sekolah. Kedua kelas memperoleh materi yang sama sesuai SK dan KD IPA kelas VIII. Instrumen tes prestasi belajar berupa soal pilihan ganda sebanyak 16 butir dengan reliabilitas 0 642 essay untuk soal tes kerja ilmiah sebanyak 10 butir dengan reliabilitas 0 615 dan skala sikap ilmiah sebanyak 16 butir dengan reliabilitas 0 802. Instrumen pre test dan post test telah diuji validitas. Berdasarkan uji prasyarat analisis diperoleh bahwa data tidak terdistribusi normal sehingga uji hipotesis dilakukan dengan uji Non-Parametrik U Mann-Whitney. Hasil analisis data diperoleh nilai z prestasi belajar sebesar 3 926 dan nilai z kerja ilmiah 5 423 yang lebih besar daripada nilai kritis z (1 645) sedangkan untuk sikap ilmiah diperoleh nilai z sebesar 0 605. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar dan kerja ilmiah siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas pembanding sedangkan sikap ilmiah siswa kelas eksperimen tidak lebih tinggi daripada kelas pembanding. Oleh sebab itu diperlukan penelitian lanjutan dalam periode yang lebih panjang untuk mengetahui pengaruh penggunaan paket IPA Terpadu terhadap sikap ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18291

Actions (login required)

View Item View Item