Penerapan model siklus belajar disertai metode resitasi untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman konsep fisika pada siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Tumpang / Novi Indriasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model siklus belajar disertai metode resitasi untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman konsep fisika pada siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Tumpang / Novi Indriasari

Indriasari, Novi (2011) Penerapan model siklus belajar disertai metode resitasi untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman konsep fisika pada siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Tumpang / Novi Indriasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model siklus belajar disertai metode resitasi kreativitas pemahaman konsep fisika. Setelah dilakukan observasi proses pembelajaran fisika di kelas XI IPA 3 SMAN 1 Tumpang siswa mengalami kesulitan dalam menganalisis soal-soal fisika. Hampir seluruh siswa bingung harus menggunakan persamaan apa dan memulai penyelesaian dari mana. Padahal guru telah menggunakan metode ceramah dan diskusi dalam pembelajaran serta mem beri kan banyak latihan dan contoh soal-soal fisika agar siswa semakin memahami konsep sehingga mampu menyelesaikan soal fisika dalam bentuk apapun. Kesuli tan tersebut terjadi karena rendahnya kreativitas dan pemahaman konsep fisika siswa. Masalah rendahnya kreativitas dan pemahaman konsep fisika siswa dapat diatasi dengan menerapkan model dan metode pembelajaran yang menggunakan pendekatan keterampilan proses seperti model siklus belajar serta metode resitasi sehingga dapat mening katkan kreativitas dan pemahaman konsep fisika siswa. Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman konsep fisika siswa kelas XI IPA 3 melalui penerapan model siklus belajar disertai metode resitasi. Tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Tindakan yang diberikan adalah penerapan model siklus belajar disertai metode resitasi yang terdiri dari tahap engagement eksplorasi eksplanasi elaborasi dan evaluasi serta fase pemberian pelaksanaan dan pertanggungjawaban tugas proyek. Peneli tian ini dilakukan di SMAN 1 Tumpang kelas XI IPA 3 yang terdiri dari 34 siswa yaitu 10 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi kegiatan guru dan siswa soal tes kreativitas yang berjum lah 4 butir dan soal tes pemahaman konsep fisika yang berjumlah 10 butir. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif yaitu persentase dan rata-rata. Tindakan dikatakan berhasil jika persentase keterlaksanaan tindakan men ca pai lebih dari 80% serta persentase kreativitas dan pemahaman konsep fisika siswa mencapai lebih dari 66% dan minimal 55%. Hasilnya keterlaksanaan tinda kan meningkat dari 88 39% pada siklus I menjadi 92 48% pada siklus II. Kre ativi tas siswa meningkat sebesar 29 41% dari 38 24% pada siklus I menjadi 67 65% pada siklus II. Pemahaman konsep fisika siswa mengala mi pening katan dari 32 35% pada siklus I menjadi 91 18% pada siklus II dengan pening katan sebesar 58 82%. Sehingga dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model siklus belajar disertai metode resitasi dapat meningkatkan kreativitas dan pemaha man konsep fisika pada siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Tumpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18289

Actions (login required)

View Item View Item