Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema cahaya terhadap kompetensi IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang / Erni Yulianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema cahaya terhadap kompetensi IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang / Erni Yulianti

Yulianti, Erni (2011) Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema cahaya terhadap kompetensi IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang / Erni Yulianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Paket IPA Terpadu Kompetensi IPA. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/ MTs merupakan IPA Terpadu. Hasil pengamatan di SMP Negeri 13 Malang menunjukkan bahwa pembelajaran IPA masih disampaikan secara terpisah-pisah dalam disiplin ilmu fisika kimia dan biologi. Salah satu penyebabnya adalah karena terbatasnya bahan ajar yang menyajikan IPA secara terpadu. Pada tahun 2009 telah dikembangkan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema cahaya oleh Mukhlis yang telah diuji kelayakannya meliputi penilaian Paket IPA Terpadu oleh dosen guru dan siswa SMP. Penelitian ini bermaksud menguji paket tersebut secara empirik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen semu dengan desain Control Group Pre test-Pos test Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang Tahun Pelajaran 2010/2011. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII C yang dipilih secara acak kelompok. Kelas VIII A berjumlah 37 siswa sebagai kelas pembanding dan kelas VIII C berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen mendapat pembelajaran menggunakan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Cahaya sedangkan kelas pembanding mendapat pembelajaran dengan paket IPA yang telah ditetapkan sekolah. Kedua kelas memperoleh materi yang sama sesuai SK dan KD IPA kelas VIII semester 2. Instrumen tes prestasi belajar berupa soal pilihan ganda sebanyak 13 butir dengan reliabilitas 0 542 essay untuk soal tes kerja ilmiah sebanyak 13 butir dengan reliabilitas 0 746 dan skala sikap ilmiah sebanyak 16 butir dengan reliabilitas 0 802. Instrumen pretest dan posttest telah diuji validitasnya terhadap 209 responden. Berdasarkan uji prasyarat analisis diperoleh bahwa data tidak terdistribusi normal sehingga uji hipotesis dilakukan dengan uji non- parametrik U Mann-Whitney. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai z prestasi belajar sebesar 5 066 nilai z kerja ilmiah sebesar 3 449 dan nilai z sikap ilmiah sebesar 2 529 yang lebih besar daripada nilai kritis z (1 645). Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi IPA (prestasi belajar kerja ilmiah dan sikap ilmiah) kelas eksperimen lebih tinggi daripada kompetensi IPA kelas pembanding. Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa paket IPA terpadu tema cahaya dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 13 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18288

Actions (login required)

View Item View Item