Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema ion terhadap kompetensi IPA siswa kelas IX SMP Negeri 3 Yosowilangun Kabupaten Lumajang / Tivani Tiadinie - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema ion terhadap kompetensi IPA siswa kelas IX SMP Negeri 3 Yosowilangun Kabupaten Lumajang / Tivani Tiadinie

Tiandinie, Tivani (2011) Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema ion terhadap kompetensi IPA siswa kelas IX SMP Negeri 3 Yosowilangun Kabupaten Lumajang / Tivani Tiadinie. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengaruh Paket IPA Terpadu Kompetensi IPA. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/MTs merupakan IPA Terpadu. Berdasarkan informasi dari salah satu guru di SMP Negeri 3 Yosowilangun Kabupaten Lumajang menunjukkan bahwa pembelajaran IPA masih disampaikan secara terpisah-pisah antara matapelajaran fisika dan biologi. Secara umum kesulitan guru dalam menyajikan IPA Terpadu adalah keterbatasan bahan ajar yang menyajikan IPA secara terpadu. Pada tahun 2009 telah dikembangkan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema ion oleh Yuliani yang telah diuji kelayakannya meliputi penilaian Paket IPA Terpadu oleh dosen IPA dan guru IPA SMP serta uji keterbacaan paket IPA Terpadu oleh siswa SMP tetapi untuk mengetahui keefektifan di sekolah paket ini belum diuji secara empirik. Oleh karena itu perlu dilakukan pembelajaran IPA Terpadu menggunakan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema ion yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme tema ion melalui pengujian kompetensi IPA. Rancangan yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan desain penelitian yang dipilih adalah Control Group Pre-Test-Post-Test Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 3 Yosowilangun Kabupaten Lumajang. Sampel penelitian adalah kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan IX B sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak kelompok. Instrumen pengukuran kompetensi IPA berupa soal objektif untuk tes prestasi belajar sebanyak 15 butir dengan reliabilitas 0 60 soal esai untuk tes kerja ilmiah sebanyak 13 butir dengan reliabilitas 0 76 dan skala sikap ilmiah untuk mengukur sikap ilmiah sebanyak 16 butir dengan reliabilitas 0 82. Instrumen digunakan untuk pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan analisis kovariansi yang dilanjutkan dengan uji lanjut LSD (Least Square Difference). Hasil analisis data melalui uji LSD diperoleh mean defference antara kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk prestasi belajar 3 012 kerja ilmiah 2 975 dan sikap ilmiah 2 591. Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi IPA (prestasi belajar kerja ilmiah dan sikap ilmiah) siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema ion lebih tinggi dari siswa yang tidak mendapatkan pembelajaran menggunakan paket IPA Terpadu. Oleh karena itu disarankan kepada guru IPA SMP untuk menggunakan paket IPA Terpadu Tema Ion dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18285

Actions (login required)

View Item View Item