Pengembangan instrumen asesmen pembelajaran fisika model problem-based learning (PBL) untuk siswa kelas X SMA / Taufiqur Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen asesmen pembelajaran fisika model problem-based learning (PBL) untuk siswa kelas X SMA / Taufiqur Rahman

Rahman, Taufiqur (2011) Pengembangan instrumen asesmen pembelajaran fisika model problem-based learning (PBL) untuk siswa kelas X SMA / Taufiqur Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Instrumen asesmen pembelajaran fisika model problem-based learning (PBL) Berdasarkan wawancara dengan guru fisika di SMA Negeri 8 Malang ditemukan bahwa pembelajaran fisika model problem-based learning (PBL) sudah diterapkan. Namun belum ada instrumen asesmen yang khusus untuk pembelajaran model problem-based learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen asesmen pembelajaran fisika model problem-based learning (PBL) mendeskripsikan kelayakan instrumen asesmen pembelajaran fisika model problem-based learning (PBL) dan mendeskripsikan wujud instrumen asesmen pembelajaran fisika model problem-based learning (PBL) untuk siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan desain R D (research and development) yang dikemukakan oleh Borg dan Gall (1983) yang telah dimodifikasi. Kegiatan pada langkah-langkah penelitian pengembangan ini adalah (1) studi pendahuluan yang meliputi studi kepustakaan survey lapangan dan penyusunan draf instrumen asesmen dan (2) pengembangan instrumen asesmen meliputi validasi instrumen revisi draf instrumen asesmen ujicoba terbatas dan produk hasil pengembangan. Validasi instrumen asesmen dilakukan oleh tiga orang evaluator yaitu 2 dosen fisika dan 1 guru fisika SMA. Ujicoba dilaksanakan kepada siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang. Produk pengembangan ini adalah instrumen asesmen pembelajaran fisika model problem-based learning (PBL) berupa instrumen penilaian hasil kognitif dalam bentuk soal pilihan ganda dan soal uraian lembar observasi psikomotor lembar observasi afektif dan lembar penilaian produk serta dilengkapi dengan program semester kisi-kisi pengembangan instrumen rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja siswa. Hasil penilaian oleh evaluator didapatkan bahwa program semester memenuhi kriteria baik dengan persentase 94% kisi-kisi pengembangan instrumen memberikan kriteria baik dengan persentase 90% rencana pelaksanaan pembelajaran memenuhi kriteria baik dengan persentase 88 75% lembar kerja siswa memenuhi kriteria baik dengan persentase 90% penilaian hasil belajar kognitif memenuhi kriteria baik dengan persentase 93 25% lembar observasi psikomotor dan afektif serta lembar penilaian produk memenuhi kriteria baik dengan persentase 92 5%. Berdasarkan hasil penilaian evaluator dan ujicoba menunjukkan bahwa instrumen asesmen dapat digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran fisika model problem-based learning (PBL).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18283

Actions (login required)

View Item View Item