Penerapan model pembelajaran react berbantuan diagram vee untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Rismatul Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran react berbantuan diagram vee untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Rismatul Azizah

Azizah, Rismatul (2011) Penerapan model pembelajaran react berbantuan diagram vee untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Rismatul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model REACT diagram Vee kerja ilmiah prestasi belajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Fisika kelas VIII-E SMP Negeri 8 Malang diperoleh informasi bahwa jam pelajaran dominan digunakan guru untuk menerangkan materi kepada siswa dengan metode ceramah sehingga siswa cenderung pasif karena siswa hanya sebatas mendengarkan mencatat dan melakukan instruksi guru. Metode eksperimen jarang digunakan sehingga kemampuan kerja ilmiah siswa rendah. Selain itu prestasi belajar fisika siswa masih rendah dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian siswa sebesar 63 95 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 11 63%. Salah satu cara yang ditem-puh untuk nengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembela-jaran REACT berbantuan diagram Vee yang terdiri atas 5 tahapan yaitu relating experiencing applying cooperating dan transferring. Diagram Vee digunakan untuk memaksimalkan kegiatan pada tahap experiencing karena dapat membantu siswa mengintegrasikan konsep-konsep yang dimiliki sebagai penge-tahuan awal dengan pengetahuan baru yang berusaha dikontruksi atau dipahami dalam pelak-sanaan eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model REACT berbantuan diagram Vee bagai-mana peningkatan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang setelah diterapkan model pembelajaran REACT berbantuan diagram Vee. Sesuai dengan yang diungkapkan (Yuliati 2008 60) bahwa model pembelajaran REACT efektif meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus. Data keterlaksanaan model pembelajaran REACT berbantuan dia-gram Vee dan kemampuan kerja ilmiah diperoleh dengan instrumen pengamatan sedangkan prestasi belajar diperoleh dari hasil tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran dengan model REACT berbantuan diagram Vee 81 42% pada siklus I dan 92 78% pada siklus II. Kemampuan kerja ilmiah siswa mengalami peningkatan secara keseluruhan pada masing-masing indikator meliputi (1) penyelidikan/penelitian meningkat dari 79 30% menjadi 90 93% (2) komunikasi ilmiah meningkat dari 72 47% menjadi 83 72% (3) pengembangan kreatifitas dan pemecahan masalah meningkat dari 70 47% menjadi 81 17% dan (4) sikap ilmiah meningkat dari 76 28% menjadi 83 49%. Prestasi belajar fisika pada siklus I mencapai rata-rata 74 77 dan persentase ketuntasan sebesar 72 09%. Pada siklus II rata-rata prestasi belajar meningkat menjadi 84 30 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 88 37%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18276

Actions (login required)

View Item View Item