Pengembangan bahan ajar online sebagai peluang untuk meningkatkan penguasaan konsep listrik statis mahasiswa / Rega Prasasta Luhur - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar online sebagai peluang untuk meningkatkan penguasaan konsep listrik statis mahasiswa / Rega Prasasta Luhur

Luhur, Rega Prasasta (2020) Pengembangan bahan ajar online sebagai peluang untuk meningkatkan penguasaan konsep listrik statis mahasiswa / Rega Prasasta Luhur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahasiswa kesulitan dalam menguasai konsep listrik statis. Kesulitan mahasiswa dapat disebabkan oleh karakteristik materi listrik statis yang abstrak.. Permasalahan ini dapat diatasi dengan pemanfaatan bahan ajar berbasis komputer. Salah satunya dengan menggunakan bahan ajar online atau bahan ajar berbasis web. Bahan ajar online perlu digunakan untuk memberikan sarana bagi mahasiswa untuk meningkatkan penguasaan konsep secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) menghasilkan produk bahan ajar online untuk meningkatkan penguasaan konsep listrik statis mahasiswa (2) menguji kelayakan produk bahan ajar online untuk meningkatkan penguasaan konsep listrik statis mahasiswa. Pengembangan bahan ajar online dilakukan menggunakan metode penelitian pengembangan model 4-D (Four D-model). Tahap model pengembangan terdapat tiga dari empat tahap yang ada yaitu (1) pendefinisian (2) perancangan dan (3) pengembangan. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif.. Data kuantitatif diperoleh dari pengisian angket validasi ahli. Data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar validator pada angket validasi ahli. Data kualitatif juga diperoleh dari angket uji keterbacaan yang diisi oleh 12 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket validasi ahli dan angket uji keterbacaan. Sampel dari penelitian ini adalah 12 responden yang terdiri dari 11 alumni mahasiswa jurusan fisika UM dan 1 mahasiswa aktif. Uji coba dilakukan pada hari Rabu 3 Juni 2020 hingga Kamis 9 Juni 2020. Analisis data validasi menunjukkan bahwa bahan ajar online layak digunakan sebagai bahan ajar suplemen bagi mahasiswa. Hasil validasi ahli menunjukkan validitas bahan ajar online yang diperoleh yaitu 82 7%. Hasil uji keterbacaan menunjukkan beberapa kesimpulan utama yaitu (1) artikel yang dimuat tertata rapi dan memiliki bahasa dimengerti (2) artikel menyediakan media gambar dan video yang membantu mahasiswa dalam memahami konsep (3) bahan ajar online secara keseluruhan terlihat menarik dan (4) soal latihan yang disediakan dapat digunakan mahasiswa sebagai sarana untuk melatih penguasaan konsep listrik statis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/182740

Actions (login required)

View Item View Item