Kajian tentang prestasi belajar dan motivasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang pembelajaran kooperatif STAD disertai problem posing / Irfan Fuadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian tentang prestasi belajar dan motivasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang pembelajaran kooperatif STAD disertai problem posing / Irfan Fuadi

Fuadi, Irfan (2011) Kajian tentang prestasi belajar dan motivasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang pembelajaran kooperatif STAD disertai problem posing / Irfan Fuadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci STAD yang disertai Problem Posing prestasi belajar motivasi belajar. Belajar fisika merupakan perbuatan yang komplek karena melibatkan banyak komponen dan faktor yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah pemilihan penggunaan pembelajaran yang tepat. Berdasarkan hasil peng matan di SMA N 1 Tumpang khususnya kelas X diketahui bahwa prestasi belajar fisika dan motivasi belajar siswa masih rendah. Hal ini karena penggunaan pembelajaran yang kurang tepat. Upaya mengatasi hal tersebut maka diterapkan pembelajaran kooperatif STAD yang disertai Problem Posing. Pembelajaran kooperatif adalah kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerja sama saling membantu mengkontruksi konsep. Salah satu pembelajaran kooperatif yang paling sederhana yaitu STAD. pembelajaran ini dipadukan dengan Problem Posing yang dalam proses kegiatannya siswa merumuskan (membuat) soal sendiri. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 1 tahun ajaran 2010/ 2011 yaitu pada bulan Oktober s.d Desember. Penelitian ini bertujuan untuk yaitu (1) mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan STAD yang disertai Problem Posing lebih baik daripada siswa yang pembelaja- rannya menggunakan ceramah (2) mengetahui apakah motivasi belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan STAD yang disertai Problem Posing lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan ceramah. Populasi penelitian yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan cara random sampling (undian). Sedangkan sampelnya yaitu kelas X-8 sebagai kelompok eksperimen diberi perlakuan STAD yang disertai Problem Posing dan kelas X-6 sebagai kelompok kontrol diberi perlakuan ceramah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes prestasi belajar dan tes motivasi belajar. Dari hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa prestasi belajar kelompok yang pembelajarannya menggunakan STAD yang disertai Problem Posing lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan ceramah serta motivasi belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan STAD yang disertai Problem Posing lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan ceramah. Sehingga pembelajaran dengan STAD yang disertai Problem Posing dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18271

Actions (login required)

View Item View Item